Amankan Lebaran 2017, RAPI Sleman Diapresiasi

335

KORAN BERNAS.ID SLEMAN — Keluarga Besar Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah V Kabupaten Sleman menggelar acara syawalan dan tasyakuran atas berakhirnya Bankom (Bantuan Komunikasi) Lebaran 2017 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Minggu (23/7) malam.

R Suprapto selaku Ketua RAPI Wilayah V Kabupaten Sleman mengaku pihaknya telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Salah satunya, ungkap  Suprapto, RAPI telah bekerja sama dengan Polres Sleman dalam pengamanan mudik lebaran beberapa waktu  lalu.

Suprapto juga menyampaikan RAPI bekerjasama dengan Polres Sleman standby 24 jam di beberapa titik posko pengamanan mudik lebaran di Kabupaten Sleman.
Selain bekerja sama dengan pihak terkait, Suprapto mengatakan anggota RAPI juga mendirikan posko pengamanan mudik lebaran secara mandiri.

“Mandiri itu ya bantingan, urunan, namun terorganisir. Seperti di Kecamatan Depok yang anggotanya mencapai 400 orang, mereka mendirikan posko secara mandiri,” kata  Suprapto.

Sementara  Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSi yang turut hadir pada acara tersebut mengapresiasi peran dan kontribusi anggota RAPI di tengah masyarakat Kabupaten Sleman.
Ia mengungkapkan, tingkat kompleksitas dan dinamika sosial di Kabupaten Sleman sangat tinggi. Maka, menurut Sri Purnomo, keberadaan anggota RAPI yang berjumlah kurang lebih dua ribu anggota di Kabupaten Sleman sangat membantu para pihak terkait khususnya dalam bidang komunikasi.

“Anggota RAPI di DIY itu sekitar tiga ribuan, dan yang di Sleman saja ada dua ribuan. Luar Biasa, ini memang dinamika masyarakatnya sangat komleks,” kata Sri Purnomo yang juga merupakan anggota RAPI Kabupaten Sleman.

Lebih lanjut Sri Purnomo mengatakan RAPI merupakan gerakan sosial yang sangat strategis terkait penyedia bantuan komunikasi. “RAPI ini bisa menembus batas. Meski di area yang tidak terjangkau oleh sinyal HP, RAPI tetap bisa memberikan bantuan komunikasi, RAPI juga berperan aktif dalam hal kebencanaan dan kegiatan kemasyarakatan,” tutur Sri Purnomo. (ros)