Bank BPD DIY Serahkan CSR untuk Gunungkidul

421
Bambang Setiawan (kanan) menyerahkan CSR Bank BPD DIY untuk Gunungkidul, Rabu (30/08/2017) di Gedangsari. (solahudin alwi/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, Bank BPD DIY menyerahkan dana CSR (Corporate Social Responsibility) untuk Kabupaten Gunungkidul. Penyerahan CSR itu dilakukan langsung Direktur Utama (Dirut) Bank BPD DIY, Bambang Setiawan, Rabu (30/08/2017), pada acara Pesona Gedangsari, Launching Rintisan Desa Wisata Budaya Desa Tegalrejo Kecamatan Gedangsari. Secara simbolis, dana CSR itu diterima Bupati Gunungkidul, Badingah, dan disaksikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Kepada wartawan, Bambang Setiawan menyampaikan CSR Bank BPD DIY diwujudkan dalam beragam program. Salah satunya, Bedah Rumah Tidak Layak Huni di wilayah Desa Hargomulyo Kecamatan Gedangsari Gunungkidul. Program ini tujuannya untuk mewujudkan tempat tinggal yang layak bagi masyarakat tidak mampu, meningkatkan derajat kesehatan dan mengurangi kesenjangan sosial.

Biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 150 juta untuk sepuluh Rumah Tangga Miskin di tiga dusun meliputi Dusun Suruh lima unit, Dusun Mlangi tiga rumah dan Dusun Kalibungkus dua rumah, dengan biaya Rp 15 juta per unit.

CSR Bank BPD DIY juga direalisasikan untuk pembangunan jalan jalur wisata Embung Batara Sriten di Desa Pilahrejo Kecamatan Nglipar Gunungkidul sepanjang 450 meter yang meliputi pembangunan talud pasang dan cor rabat beton.

“Total biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan jalan jalur wisata ini sebesar Rp 236,7 juta, didanai dari CSR Bank BPD DIY sebesar Rp 200 juta dan swadaya dari masyarakat sebesar Rp 36,7 juta,” ungkap Bambang Setiawan.

Bambang menjelaskan, total CSR PT Bank BPD DIY yang disalurkan tahun 2017 sebesar Rp 656 juta. Penggunannya untuk program beasiswa pelajar SMA/SMK kurang mampu sejumlah Rp 50 juta, beasiswa lanjutan untuk Winda Nur Afiani Rp 6 juta, bantuan standar pemenuhan minimal Dikdas Rp 100 juta, bedah rumah sepuluh unit di Gedangsari Rp 150 juta, bantuan pengembangan wisata Rp 50 juta, pembangunan jalan jalur wisata Embung Batara Sriten Rp 200 juta serta bantuan mobil ambulans untuk Desa Rejosari Nglipar Rp 100 juta.

Sebagai perbandingan, Program CSR tahun 2016 yang sudah disalurkan PT Bank BPD DIY di Kabupaten Gunungkidul total Rp 243,1 juta. Perinciannya, Rp 6 juta untuk beasiswa Winda Nur Afiani, bantuan dana pendidikan SMA/SMK Cabang Wonosari 22 orang sebesar Rp 16,5 juta.

Dana CSR untuk Taman Kuliner Gunungkidul berupa pembangunan panggung pentas, los kios dan branding name Rp 115 juta, serta program bak penampungan air hujan di delapan desa di Rongkop, Saptosari dan Girisubo Gunungkidul Rp 105,6 juta. (sol)