Darah Saja Diberikan Apalagi Cinta

381
Ketua PMI DIY GBHP Prabukusumo secara simbolis menerima kartu donor darah, Selasa (05/12/2017), pada acara donor darah HUT ke-56 Bank BPD DIY. (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) DIY, GBPH Prabukusumo, mengajak anak-anak muda menjadikan donor darah sebagai gaya hidup. Kalau bisa, carilah pacar pendonor yang rutin  mendonorkan darahnya.

“Darah saja diberikan apalagi cinta,” tuturnya, Selasa (06/12/2017), ketika menghadiri Donor Darah dalam Rangka HUT ke-56 PT Bank BPD DIY yang berlangsung di di Jogja City Mall (JCM) Jalan Magelang, Yogyakarta.

Dia memberikan apresiasi untuk bank milik Pemerintah DIY dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-DIY tersebut, yang melakukan aksi sosial seperti ini.

”Semoga barokallah, Bank BPD DIY mendapatkan rezeki seperti sumber air Zam-zam yang mengalir terus tanpa berhenti sampai saat ini. Insya Allah,” kata adik dari Sri Sultan Hamengku Buwono X ini.

Menurut Gusti Prabu, setetes darah adalah kehidupan. Dia bersyukur, target tahun lalu stok darah di DIY sejumlah 70 ribu kantong darah terpenuhi 96 persen atau 67 ribu.

GBHP Prabukusumo dan Direksi Bank BPD DIY menyemangati pendonor darah. (istimewa)

Dengan lima unit transfusi darah, PMI DIY sudah mengadakan kerja sama dengan seluruh rumah sakit di DIY termasuk RSUP Dr Sardjito, sehingga pasien yang membutuhkan darah tidak bingung lagi.

Direktur Pemasaran Bank BPD DIY, Bambang Kuncoro, mengatakan donor darah dalam rangka HUT ke-56 PT Bank BPD DIY terselenggara berkat sinergi yang baik antara PMI DIY serta PMI Kota Yogyakarta maupun manajemen JCM.

“Ini yang kedua kalinya. Tahun lalu 600 pendonor. Kali ini targetnya 800 pendonor tercapai 739 kantong darah,dari 1.002 pendaftar. Alhamdulilah, bisa donor daripada menerima donor,” ungkapnya.

Kegiatan ini merupakan bentuk bakti sosial Bank BPD DIY kepada masyarakat. Dalam kesempatan itu diserahkan pula bantuan untuk PMI DIY berupa pengadaan kartu donor darah bagi pendonor darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI se-DIY.

Kartu donor darah ini merupakan bagian dari layanan Sistem Informasi Manajemen Unit Donor Darah (Simmuda). (sol)