Festival Upacara Adat Sarat Pesan Moral

920
Upacara Adat Tunggul Wulung ditampilkan pada Festival Upacara Adat/Tradisi Budaya di area parkir utara Lapangan Denggung Tridadi Sleman, Sabtu (07/10/2017). (bid jalasutra/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Dalam rangka menggugah kembali kekayaan warisan budaya, Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Sleman mengadakan Festival Upacara Adat/Tradisi Budaya.

Acara yang berlangsung di area parkir utara Lapangan Denggung Tridadi Sleman, Sabtu-Minggu (07-08/10/2017) ini, diikuti 17 peserta berasal dari perwakilan masing-masing kecamatan se- Kabupaten Sleman.

Kepala Dinas Kebudayaan Sleman, HY Aji Wulantara SH Mhum, menyampaikan upacara adat maupun tradisi budaya sarat muatan pesan moral.

Pada festival ini antara lain ditampilkan upacara adat/tradisi budaya Tunggul Wulung, Tingkeban/Mitoni, Suran Mbah Demang, Tedhak Siten, Merti Desa dan lainnya.

“Festival ini bertujuan sebagai upaya pelestarian budaya sekaligus penguatan nilai-nilai kearifan lokal. Upacara adat/tradisi budaya merupakan salah satu karya manusia yang harus terus diaktualisasi agar bermanfaat,” kata Aji.

Festival kali ini memperebutkan total hadiah Rp 35,5 juta. “Kriteria penilaian ada tiga yaitu kreativitas, simbol upacara adat atau tradisi budaya dan harmonisasi,” tambahnya.

Wakil Bupati Sleman Dra Hj Sri Muslimatun MKes  menyampaikan upacara adat/tradisi budaya merupakan bagian keistimewaan yang harus dilestarikan sebagai warisan luhur identitas suatu wilayah.

“Kegiatan ini merupakan media untuk menampilkan dan melestarikan kearifan lokal di Kabupaten Sleman,” jelasnya.

Festival juga menjadi sarana edukasi bagi masyarakat tentang filosofi yang terkandung di setiap upacara adat atau tradisi budaya.

Selain itu juga merupakan upaya strategi untuk melestarikan warisan budaya tradisional dari nenek moyang.

“Jangan sampai warisan budaya yang kita miliki ini punah. Apalagi berbagai macam kesenian tradisional yang kita miliki mengandung nilai-nilai dan pesan moral yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata Sri Muslimatun. (sol)