Minimnya Pemahaman Nilai Pancasila Bisa Munculkan Persoalan

105
Sri Purnomo ketika menghadiri Seminar Pancasila di Hotel Prima SR Sleman, Kamis (28/06/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID–Munculnya berbagai persoalan baik persoalan politik, hukum, sosial kemasyarakatan, bahkan konflik yang didasari karena ideologi dan sara, antara lain dikarenakan minimnya pemahaman dan realisasi dari nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sleman, Sri Purnomo dalam kegiatan Seminar Pancasila di Hotel Prima SR, Kamis (28/06/2018).

Menurutnya, untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dibutuhkan upaya bersama untuk melakukan revitalisasi dan reaktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Kita harus bersama-sama mengagendakan penanaman nilai-nilai Pancasila agar nilai-nilai tersebut segera teraktualisasi dan diamalkan oleh masyarakat,” ujar Sri Purnomo.

Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dinilai penting, mengingat kondisi kehidupan masyarakat saat ini semakin dinamis. Terlebih, perkembangan teknologi informasi begitu pesat serta akses informasi semakin terbuka luas dan menjangkau berbagai lapisan masyarakat.

“Informasi yang tersebar melalui berbagai media sangat beragam, baik itu yang bersifat positif maupun negatif. Kondisi ini harus menjadi perhatian kita bersama karena informasi yang tidak tersaring dengan baik akan memberikan dampak negatif dalam kehidupan bermasyarakat sehingga menjadi ancaman kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelas Sri Purnomo.

Menurut Bupati,  diperlukan kedewasaan dalam menerima berbagai informasi yang tersebar baik melalui media massa maupun media sosial. Hal tersebut merupakan salah satu upaya dalam menangani hal-hal yang akan mengganggu kehidupan berbangsa dan bernegara yang juga dapat menyebabkan perpecahan di masyarakat.(SM)