Pembangunan Pasar Jeblok Terancam Tak Kelar

297
Pasar Jeblok Klaten (dok. koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Proses pembangunan Pasar Jeblok Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten oleh Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Klaten terancam tidak selesai pada 11 Desember mendatang. Pasalnya permasalahan di lapangan yang sangat komplek diduga sebagai penyebab utama.

Informasi yang dihimpun di lapangan menyebutkan beberapa masalah penyebab lambatnya proses pembangunan proyek yang digarap PT Tri Adi Putra itu yakni lahan yang belum beres saat akan dibangun, gambar yang berubah-ubah yang membingungkan penyedia jasa dan adanya dua bangunan di depan pasar yang mengganggu proses pembangunan

Permasalahan itu juga diakui perwakilan PT Tri Adi Putra Tulus Nugroho. Namun kata dia, meski sejak awal ada permasalahan namun pihaknya tetap mengerjakan proyek sesuai dengan kontrak kerja.

“Kami bekerja mengacu kontrak. Tetapi kami bekerja juga dipengaruhi oleh permasalahan di lapangan. Adanya perubahan gambar yang sampai sekarang kami belum terima gambarnya,” katanya, Minggu (05/11/2017).

Tulus mengakui adanya keterlambatan dalam pengerjaan proyek dilapangan. Bahkan pihaknyapun sudah menerima surat teguran pertama dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom).

Pasar Jeblok dibangun dengan anggaran Rp 3,943 Miliar dari APBD Klaten 2017. Pelaksanaan proyek selama 130 hari sejak 4 Agustus hingga 11 Desember. Di pasar tersebut akan dibangun 37 unit kios untuk pedagang.

Selama proses pembangunan, para pedagang Pasar Jeblok direlokasi ke pasar darurat di jalanan kampung di sebelah pasar.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) Pembangunan Pasar Jeblok Catur Setya ketika dikonfirmasi terkait persoalan itu mengatakan akan mengkoordinasikannya dengan pihak penyedia jasa. (yve)