Ridho Nur Ramadhan, Si Pemalu yang Jago Menyanyi

301
Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, Ridho Nur Ramadhan (istimewa)

 

KORANBERNAS.ID — Awalnya malu-malu, justru berbuah prestasi membanggakan. Itulah Ridho Nur Ramadhan. Siswa kelas 11 IPS ini tidak menyangka berhasil meraih prestasi yang membanggakan dalam bidang tarik suara. Tak pernah merasa percaya diri mempunyai pita suara yang unik, Ridho justru menutupi bakat menyanyinya yang luar biasa.

Alih-alih latihan menyanyi, anak bungsu dari dua bersaudara itu justru dipersekusi oleh sebagian orang karena suaranya yang mirip suara sopran perempuan. Baru saat masuk ke SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, Ridho mulai percaya diri. Mengikuti seleksi untuk ekstrakurikuler Paduan Suara dalam Program Minat Bakat , siswa kelahiran 16 Januari 2001 tersebut menemukan passion-nya di musik.

Suaranya yang unik justru jadi kelebihan pengagum Mariah Carey tersebut. Berkat ketaletanannya berlatih bersama guru musik di sekolah, Ridho pun mulai memberanikan diri mengikuti berbagai ajang lomba.

Diantaranya meraih Juara I dalam Festival dan Lomba Senin Siswa (FL2S) tingkat DIY untuk kategori Vokal Putra di Sekolah Menengah Musik (SMM)/SMKN 2 Kasihan pada 25 April 2018 lalu. Ridho mewakili Kota Yogyakarta dalam lomba tahunan yang diikuti pelajar se-DIY tersebut.

“Saya mengikuti seleksi mulai dari tingkat sekolah hingga kota mulai Agustus 2017 lalu,” ujar Ridho kepada Koran Bernas di sekolah setempat, (9/5).

Dalam lomba di tingkat propinsi, Ridho menyanyikan lagu wajib ”Bidadari Tak Bersayap” milik Anji dan lagu Jawa “Menthok”. Prestasi yang membanggakan tersebut terus diasahnya karena dia ingin ikut ajang pencarian bakat di tingkat nasional.

Darah seni Ridho mengalir dari keluarganya. Meski tak menekuni bidang tarik suara secara profesional, neneknya selain bisa menyanyi juga merupakan desainer boneka. Sedangkan ibunya piawai bermain piano.

Ridho sendiri sejak SMP sebenarnya mulai belajar menekuni desain baju. Mengidolakan Anne Avante, dia ingin kelak bisa menjadi desainer yang membanggakan semua orang.(yve)

Berita ini juga dimuat di Koran Bernas Edisi 16/2018 (14 Mei-27 Mei 2018)