Terima Sertifikat ISO, Disdukcapil Bantul Dorong Layanan Prima

259
Subandi dari tim ISO menyerahkan sertifikat 9001:2015 kepada Bupati Bantul, H Suharsono di kantor Disdukcapil, Rabu (13/09/2017) sore. (sari wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bantul dinyatakan berhak meraih sertifikat ISO 9001:2015 saat digelar closing meeting dengan tim ISO, Rabu (13/09/2017) sore.

International Organization for Standardization, atau dikenal dengan nama ISO merupakan salah satu standar internasional dalam sebuah sistem manajemen untuk pengukuran mutu organisasi. ISO memegang peranan penting dalam mengukur bagaimana kredibilitas perusahaan yang ingin bersaing secara global dan juga salah satu cara untuk meningkatkan sistem manajemen mutunya.

Mereka yang memiliki sertifikasi ISO akan memiliki kemungkinan lebih untuk memenangkan kompetisi pasar. Hal itu disebabkan karena adanya jaminan kualitas dari produk atau jasa yang ditawarkan, serta tingginya kepercayaan konsumen akan brand terkait.

“Tadi saat pembukaan saya bertemu Sekda. Dan saat closing meeting bertemu Pak Bupati dan jajaran. Ini semangat yang luar biasa, begitupun untuk para staf Disduk juga luar biasa. Saya apresiasi hal ini,” kata tim penilai ISO Subandi.

Berdasarkan penilaian yang dilakukan bersama tim auditor lainya, M Tarmizi untuk Disdukcapil tidak ditemukan kesalahan mayor yang otomatis akan menggagalkan ISO. Untuk disdukcapil ada temuan  2 minor dan 6 perlu observasi, serta nihil temuan mayor.

Sedangkan Bupati mengatakan dengan diterimanya ISO  diharapkan kualitas pelayanan kepada masyarakat akan semakin meningkat.

“Kita memang berupaya agar kualitas pelayanan  prima dikedepankan. Misalnya untuk urusan E-KTP kita sediakan mobil layanan keliling,” kata Bupati.

Mobil tersebut  untuk jemput bola kepada lansia atau mereka yang tidak mampu datang ke Kantor Disdukcapil.

“Inovasi dilakukan bagaimana caranya agar masyarakat juga mendapat kemudahan layanan dari pemerintah Bantul,” tandas bupati. (Sari Wijaya/SM)