Puskesmas Tulung di Jalan Klaten-Boyolali. (masal gurusinga/koranbernas.id)

KORAN BERNAS.ID — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Klaten mentargetkan 10 puskesmas yang belum diakreditasi akan diakreditasi pada tahun 2018. Sebab hingga akhir bulan ini tercatat sudah ada 24 puskesmas yang diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional.

“Yang sudah diakreditasi ada 8 puskesmas dan yang sedang proses hingga akhir Agustus ada 5 puskesmas. Jadi target tahun ini ada 16 puskesmas sehingga sampai akhir tahin ini ada 24 puskesmas yang sudah terakreditasi,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Dr Cahyono, Selasa (15/08/2017).

Delapan puskesmas yang telah terakreditasi diantaranya Puskesmas Manisrenggo, Pedan, Gantowarno, Klaten Utara dan Klaten Selatan. Sedangkan yang dalam proses penilaian pada akhir bulan Agustus ada 5 puskesmas diantaranya Delanggu, Pedan, Prambanan dan Bayat

Baca Juga :  Pemkab Yakin Pasar Tradisional Tetap Didatangi Warga. Asalkan….

Cahyono menambahkan kendala yang dihadapi secara umum butuh konsenrrasi yang tinggi, perlu stamina, energi karena butuh tampilan-tampilan dan biaya. Personil dan sarpras terukur karena puskesmas masih memiliki dan dioptimalkan meski harus lembur.

Saat ini puskesmas di Kabupaten Klaten ada 16 yang melayani rawat inap dan yang lainnya hanya rawat jalan.

Dinkes Klaten juga masih kekurangan tenaga dokter karena sudah beberapa tahun ini tidak ada penambahan oleh Pemkab Klaten. Untuk mengatasi kekurangan itu telah mengajukan ke kepegawaian namun realitanya tetap saja tidak ada penambahan dokter. (Masal Gurusinga/yve)