Ada Pasar Takjil di Alun-alun Wates

259
Wabup Kulonprogo Sutedjo membuka Pasar Takjil disisi utara alun alun Wates, Kamis (17/05/218).(sri widodo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID— Menyemarakkan bulan Ramadan, Pemkab Kulonprogo menggelar Pasar Takjil di sisi utara Alun-alun Wates. Pasar yang melibatkan sekitar 30 pedagang makanan minuman di Kulonprogo dibuka Wakil Bupati (Wabup) Kulonprogo Sutedjo, Kamis (17/05/218).

Sutedjo mengatakan, Pasar Takjil Ramadan diharapkan bisa ikut berperan dalam upaya memeriahkan bulan suci Ramadan 1439 H, serta memberikan wadah kegiatan ekonomi bagi masyarakat terutama perajin olahan makanan dan pedagang kaki lima untuk menjajakan dagangannya untuk memenuhi kebutuhan buka puasa.

“Sehingga diharapkan dapat meningkatkan penghasilan mereka dan mencukupi kebutuhan bagi keluarganya,” katanya.

Sutedjo menambahkan, dalam upaya pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat, Dinas Perdagangan Kulonprogo juga akan melakukan berbagai kegiatan di antaranya pemantauan harga kebutuhan pokok di beberapa pasar, pasar murah, dan operasi pasar murni (OPM).

Baca Juga :  Merti Desa Berlangsung Sehari Semalam

“Kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan mampu menurunkan harga sembako yang saat ini dirasakan oleh masyarakat adanya kenaikan harga di beberapa barang kebutuhan pokok. Salah satu harga komoditas yang naik adalah harga telur dan daging ayam,” imbuhnya

Pasar Takjil Ramadhan yang digelar oleh Dinas Perdagangan Kulonprogo, akan berlangsung hingga 12 Juni. Kepala Dinas Perdagangan Kulonprogo, Krissutanto mengatakan, Pasar Takjil Ramadan digelar untuk membantu masyarakat mendapatkan menu berbuka.

“Mungkin ada ibu rumah tangga yang karena sibuknya tidak sempat menyiapkan menu berbuka puasa, kita siapkan di sini. Ini diikuti 30 stan, sudah mewakili untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di sekitar Wates,” katanya seusai pembukaan.

Selain membantu masyarakat menyediakan menu berbuka yang bersih dan sehat, Pasar Takjil Ramadhan juga diselenggarakan untuk memberdayakan para pedagang dan PKL. “Agar bisa mendapatkan penghasilan yang layak,” imbuhnya.

Baca Juga :  Dua Mahasiswa UP 45 Ikuti Kegiatan Pembauran Kebangsaan

Dalam penyelenggaraan Pasar Takjil Ramadhan tersebut juga digelar Pasar Murah berbagai komoditas bahan pokok oleh PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) Cabang Yogyakarta.(yve)