Pengamanan Perlintasan Kereta Diperketat

98
Inspeksi monitor kesiapan lebaran bersama di Stasiun KA Wates, Kamis (31/05/2018). (sri widodo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Masyarakat yang melakukan perjalanan dan melintasi perlintasan rel keteta api tanpa pengaman agar lebih hati hati dan waspada. Karena frekuensi perjalanan kereta api selama perayaan lebaran meningkat dan padat.

Hal tersebut diungkapkan Kapolda DIY Ahmad Mudhofir serta Kadaop VI PT KAI Eko Purwanto Kamis (31/05/2018) seusai melakukan inspeksi monitor kesiapan lebaran bersama di Stasiun KA Wates.

Keduanya bersama rombongan melakukan inspeksi dari Jogja ke Wates. Beberapa titik disinggahi untuk melakukan pengamatan, seperti di Stasiun Sentolo dan lainnya.

Kapolda menjelaskan secara umum baik infrastruktur maupun petugas semua sudah bagus. Pengamanan jalur rel juga sudah disiapkan dimana setiap hari ada petugas pengamat jalan kaki sepanjang rel.

Baca Juga :  Yassir Malik Kembali ke Jagad Seni Rupa

“Yang harus diwaspadai oleh masyarakat ketika liwat perlintasan tak berpalang pintu. Karena frekuensi lalulibtas kereta ditingkatkan akibat adanya kereta tambahan. Sehingga jadwal kereta lewat tidak seperti hari hari biasa,” ujar Ahmad Mudjofir.

Mengenai pengamanan umum selama lebaran Polda DIY membuat 31 posko. Ada 4700 personil gabungan dikerahkan untuk pengamanan di posko dan non posko.

“Petugas gabungan dari Polri 2700 orang, lainnya dari TNI Pemda petugas kesehatan dan dari ormas” tuturnya.

Kadaop VI PT KAI Eko Purwanto membenarkan dari Daop VI selama lebaran menambah 7 kereta tambahan yang berangkat dari Solo dan Jogja. Untuk itu masyarakat agar hati hati diperlintasan.

Di wilayah Daop VI sejak dari Sragen Solo Purwodadi hingga perbatasan Kutoarjo-Jenar ada 364 perlintasan tak berpalang pintu. Kebanyakan hanya busa dilewati sepeda motor saja. Untuk tempat yang ramai lalu lintasnya akan ditambah petugasnya.

Baca Juga :  Perempuan Ingin Maju Tapi Terkendala Dirinya Sendiri

“Selama ini 29 ditutup dan terus akan ditambah lagi,” imbuhnya.(yve)