18 Tim Ikut Turnamen Terbuka Goalball

226
Alip Suhandiyanto dan Dodi Subiyanto, Panitia Turnamen Terbuka Goalball se Jateng dan DIY. (Nanang WH/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Sebanyak 18 tim goalball anggota Persatuan Olah Raga Tuna Netra (PORTI) se Jateng dan Daerah  Istimewa Yogyakarta (DIY) dipastikan akan mengikuti turnamen terbuka Goalball di Kebumen. Kegiatan yang diselenggaralan   PORTI Kabupaten Kebumen pada Sabtu-Minggu (05-06/05/2018) direncanakan akan memperebutkan trofi Gubernur Jawa Tengah.

Ketua Panitia Turnamen sekaligus Ketua PORTI Kabupaten Kebumen Alip Suhardiyanto, kepada wartawan di Press Center Kebumen Rabu (02/05/2018) menjelaskan, sebelumnya PORTI  Kebumen  sukses menyelenggarakan kegiatan serupa. Namun baru tingkat eks Karesidenan Kedu.  Kegiatan kali ini, pesertanya diperluas  se Jateng dan DIY. Hingga sekarang sudah terdaftar 18 tim, semuanya  tim pria.

“Juara dua memperebutkan Trofi Bupati Kebumen, juara III mendapat trofi Kapolres Kebumen, dan uang pembinaan seluruhnya Rp 6 juta,“ kata Alip Suhardiyanto yang didampingi  Kepala  Bagian  Humas Pemkab   Kebumen Sukamto.

Olah raga permainan dengan bola yang diberi kerincingan, agar ada muncul suara,   ketika bola bergerak, akan dipertandingkan  dengan sistem setengah kompetisi. Waktu  2 hari direncanakan cukup, untuk mempertandingkan 18 tim hingga final.

Dodi Subiyanto, Sekretaris Panitia menambahkan, olah raga permainan yang lebih banyak mengandalkan kepekaan   pendengaran itu, tidak dibatasi usia atletnya.

Panitia tidak mengelompokan usia atlet goalball. Sehingga bisa terjadi 1 tim terdiri 3 orang, atletnya bisa campuran remaja, dewasa dan lanjut usia.

KONI Kabupaten Kebumen menurut Sekretaris Umum KONI Kebumen Dwi Antoro, mendukung kegiatan itu. Salah satu diantaranya, membantu akomodasi bagi peserta selama 2 hari. Dukungan diberikan,  agar ada atlet goalball di Kebumen, bisa  berprestasi di tingkat regional, nasional, bahkan internasional.

Dwi Antoro mengungkapkan, ada beberapa  atlet difabel asal Kebumen yang tergabung dalam National Paralimpic Comitte (NPC) sukses berprestasi di tingkat regional, nasional . Diharapkan dengan turnamen terbuka goalball ini, akan muncul atlet  berprestasi baru dari Kabupaten Kebumen.  (SM)