2019, Tak Ada Lagi UN Tiga Sessi

759

KORANBERNAS.ID–Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman menargetkan adanya peningkatan sarana dan prasarana untuk pelaksanaan UNBK tahun 2019.

“Rencananya, tahun 2018 ini akan ada penambahan komputer dan server agar tidak ada lagi UNBK yang dilakukan selama 3 sesi,” kata Sri Wantini, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Senin (04/06/2018).

Ia menerangkan, UNBK yang dilakukan selama tiga sesi kurang efektif bagi siswa. Pasalnya selain UNBK yang dilakukan pada sore hari bisa terkendala oleh hujan, juga terkadang ada petir yang bisa mengganggu server.

“Pada tahun 2018 kita persiapkan sarana dan prasarana UNBK tahun depan. Nanti tidak akan ada lagi 3 sesi. Paling banyak 2 sesi. Kita akan adakan pengadaan komputer dan server,” terangnya.

Baca Juga :  MC Sleman Raih Predikat Lima Terbaik se-Indonesia

Berkaitan dengan hasil UN tahun ini, Sri Wantini menerangkan terdapat penurunan nilai. Bukan hanya di wilayah Sleman namun juga nasional.

“Nilai hasil UN menurun dari nilai rata-rata secara keseluruhan. Tidak hanya Sleman, semua secara nasional turun. Yang pasti tahun ini soal nya berbeda dengan tahun lalu,” terangnya.

Sementara dengan rencana Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Sri Wantini mengungkapkan sejauh ini pihaknya dan sekolah, baik SMP maupun SD sudah siap.

Untuk siswa SD PPDB akan dilaksanakan pada 2 Juli 2018. Sedangkan untuk SMP dimulai pada tanggal 4 Juli 2018.

“Kita tetap memakai sistem zonasi. Ada 4 korwil.Semua sekolah sudah mulai memasang banner. Mengenai informasi tentang zonasi kita sudah infokan lewat WEB disdik.slemankab.go.id . Kita juga lakukan sosialisasi, bukan hanya satuan pendidikan, tapi perangkat desa, kades, lurah, camat,” tuturnya.

Baca Juga :  Lindungi Hak Anak Sampai Level Terkecil

Dalam sistem zonasi ini lanjutnya nilai UN akan dipakai dalam PPDB.(SM)