Timnas U-18 bersama pelatih dan manajer tim di Iran, Kamis (14/9/2017). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Tim nasional (timnas) U-18 berhasil melaju ke babak final Kejuaraan Sepakbola Pelajar Asia U-18 di Shiraz, Iran, Kamis (14/9/2017). Keberhasilan itu dicapai setelah Rafli dkk mengalahkan tim  Malaysia pada pertandingan semifinal di Hafizieh Stadium.

Manajer timnas U-18, Surono kepada Koran Bernas, Jumat (15/9/2017) mengungkapkan pada partai tersebut pelatih Bambang Warsito menurunkan skuad terbaiknya. Dalam Pertandingan babak pertama kedua tim bermain imbang.

M Hambali dkk sempat kesulitanm menembus pertahanan Malaysia. Kedisiplinan gelandang dan pemain bertahan Malaysia sangat baik dengan menerapkan man to man marking. Akibatnya hingga peluit wasit berbunyi babak pertama usai skor tidak berubah 0-0.

Namun pada babak kedua, Bambang warsito dan asisten pelatih Ashadi mengganti strategi setelah menganalisa pola penjagaan malaysia. Hal tersebut terbukti ampuh karena pada menit ke 58′ umpan kombinasi Rafli ke Riski Fajar dan Riski Fajar meloper bola melewati kepala pemain bertahan Malaysia menghasilkan gol.

Baca Juga :  Taufik Yanuar Juara Run to Give 2018

“Bola dari Riski tersebut di sambut oleh Gusti Setiawan yang langsung berhadapan dengan penjaga gawang Malaysia. Dengan tenang Gusti Setiawan melepaskan tendangannya ke sudut kiri gawang Malaysia dan membuahkan hasil 1-0,” jelasnya.

Setelah timnas mencetak gol, tim Malaysia memasukkan pemain depan guna mengejar ketertinggalannya. Beberapa kali Malaysia dapat melepaskan tembakan ke arah gawang Indonesia,  namun penjaga gawang Reza Agus Febrian mampu membendung lima kali tembakan ke gawangnya.

Penampilan apik Reza Febrian di bawah mistar gawang menjadikan pemain Malaysia habis akal. Hingga babak kedua usai skor tetap 1-0 untuk kemenangan Indonesia.

“Partai final akan diselenggarakan pada hari Jum’at ini (15/9/2017) pukul 17.00 di Besar stadium dan akan di siarkan langsung melalui video streaming website panitia di www.asff-football2017.com. Pertandingan ini disaksikan oleh Deputi Pembudayaan Olahraga Isnanta, Asdep Sentra Teguh Raharjo dan Direktur Pembinaan Usia Muda PSSI Ricky Yacob,” ungkapnya.(yve)

Baca Juga :  Banten Berjaya di Paralayang Gunungkidul Open 2017