Mencintai Fisika Lewat Roket Air

495
Para siswa mengikuti Kontes Roket Air di kampus IVA UAD, Minggu (05/11/2017). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Program studi (prodi) Pendidikan Fisika dan Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Kontes Roket Air dalam rangkaian kegiatan tahunan ”Quantum Pendidikan Fisika 2017” di kampus IV UAD, Minggu (05/11/2017). Lomba yang diikuti 75 tim tingkat SMP/SMA se-DIY dan Jawa Tengah tersebut memperebutkan trofi dan trofi bergilirs serta uang pembinaan sebesar Rp 20 juta.

Kegiatan itu dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan minat generasi muda untuk tertarik menguasai ilmu-ilmu dasar seperti Fisika dalam rangka memajukan bangsa. Sebab teknologi roket air memerlukan pengetahuan matematika maupun ilmu pengetahuan alam.

Wakil Rektor 1 bidang Pendidikan UAD, Dr Muchlas MT yang membuka acara mengungkapkan, kegiatan tersebut sudah digelar UAD selama beberapa tahun. Kontes tersebut diharapkan dapat semakin meningkatkan minat generasi muda untuk mengembangkan teknologi dan ilmu pengetahuan (iptek).

UAD terus berupaya untuk berperan dalam pengembangan ilmu-ilmu dasar. Rencanya dalam rangkaian acara Quantum Fisika, kampus itu menambahkan kegiatan Astronomi dengan memanfaatkan observatorium di Kampus IV UAD yang akan selesai di bangun pada Desember 2017.

Sementara salah satu tim dari SMP Mutual Kota Magelang menyampaikan kegembiraannya mengikuti lomba itu. Guru pendamping mengaku adanya Kegiatan ini siswa siswi mendapatkan pengalaman akan lomba dalam bidang Fisika.

Selain kontes roket air, prodi tersebut juga menggelar Seminar Nasional dengan tema “Penyiapan Guru Fisika Profesional Melalui Pendidikan Berkemajuan” Sabtu (4/11/2017) di Kampus 4 UAD.(yve)