63 Pesilat Temanggung Bertarung

1417
Salah satu laga pertandingan pencak silat seleksi atlet Pra Porprov yang digelar IPSI Temanggung.(istimewa)

KORANBERNAS.ID–Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Cabang Temanggung  menggelar kejuaraan pencak silat tingkat Kabupaten yang berlangsung di Gedung  Padepokan IPSI. Kejuaraan bertujuan untuk menyeleksi atlet yang akan diterjunkan pada ajang Pra Porprov  Jateng November mendatang di Kabupaten Pati .

Pengurus IPSI Iwan Siswanto ketika ditemui, Jumat (22/09/2017) mengemukakan, kejuraan pencak silat yang berlangsung beberapa hari lalu, diikuti sebanyak 63 atlet putra putri kategori usia dewasa  17-35 tahun dari 12 perguruan pencak silat .

Setelah dilakukan seleksi berhasil menjaring sejumlah atlet yakni Deni Yulianto, Aji Nurhasan dan Musa Adi Setiawan ketiganya dari perguruan Persinas Asad. Maulidya, M Roikhan dan Candra Dewi  dari perguruan Tapak Suci. Kemudian 2 atlet dari perguruan Setia Hati masing-masing Catur Rahayu dan Taufan Wahyu. Selain itu juga menjaring sejumlah atlet  yang akan turun di kelas seni tunggal ganda regu dari perguruan  Persaudaraan Setia Hati.

“Para atlet yang lolos seleksi selanjutnya akan menjalani latihan intensif guna menghadapi kejuaraan Pra Porprov Jateng pada Nopember mendatang di Pati. Kita berharap mereka bisa berprestasi sehingga mampu keluar sebagai juara agar bisa lolos mengikuti Porprov Jateng pada tahun 2018 mendatang di Surakarta,”ujarnya.

“IPSI komitmen untuk terus mengembangkan pencak silat. Saat ini  setiap perguruan menyelenggarakan latihan di sejumlah sekolah mulai tingkat SD sampai SLTA secara kontinyu,”ungkapnya.

Dikatakan saat ini di Kabupaten Temanggung ada 14 perguruan pencak silat. Perguruan itu meliputi Persaudaraan Setia Hati, Persaudaraan Setia Hati Teratai, Tapak Suci, Kembang Setaman, Merpati Putih, Persinas Asad, Cepedi dan KPS Nusantara. Perguruan lainnya yakni Garuda Bambu Runcing, Perisai Diri, Srigunting, Raga Jati dan Perguruan Silat Tenaga Dasar serta Satria Muda Indonesia. Dari 14 perguruan  itu lanjutnya sudah mampu melahirkan sejumlah pesilat andal yang berprestasi baik di ajang regional maupun nasional.(SM)