800 ASN Siap Sharing Integritas Di Lingkungan Kerja

142

KORANBERNAS.ID–Sebanyak 800-an orang Aparatur Sipil Negara (ASN) seluruh  Indonesia,  siap  sharing atau berbagi informasi pelaksanaan integritas ASN di lingkungan  kerjanya.  Mereka berasal dari 200-an instansi pemerintah, sebagian besar  ASN pemerintah kabupaten/ kota, dan sisanya ASN lembaga negara dan kementerian.

Berbagi informasi integritas ASN disampaikan pada Kolaborasi Tunas Integritas Nasional (KTIN) I yang diselenggarakan di Kebumen, Selasa (20/03/2018) hingga Kamis (22/03/2018).   Kegiatan semacam ini, untuk pertama kalinya diselenggarakan di Kabupaten.  Beberapa kegiatan serupa, sebelumnya diselenggarakan  di kementerian dan  pemerintah provinsi.

“Kegiatan di Kebumen diinisasi Sekretariat KTIN,“ kata Mahmud Fauzi Inspektur pada Inspektorat Wilayah  Kabupaten Kebumen kepada wartawan Jumar (16/03/2018).

Sekretariat KTIN menunjuk Pemkab  Kebumen sebagai penyelenggara KTIN I. Awalnya kegiatan semacam ini diselenggarakan Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kemungkinan, kelanjutan kegiatan ini akan  dilembagakan di Kementerian   Pendayagunaan  Aparatur Negara Reformasi  Birokasi.

Sebagai penyelenggara KTIN I, Pemkab Kebumen tidak menanggung semua biaya penyelenggaraan.  Biaya  hotel misalnya,  ditanggung masing masing peserta.

Mahmud Fauzi yang didampingi  Asisten II Sekda  Kebumen Widiyatmoko dan Kabag Humas Pemkab Kebumen Sukamto menambahkan, secara umum kesiapan   penyelenggaraan  KTIN I sudah  tidak ada masalah. Akomodasi peserta, seperti hotel sudah disiapkan. Tak kurang 25 hotel di  Kebumen siap menerima peserta.

Sebagai penyelenggara, jika Pemkab Kebumen diberi kesempatan untuk sharing integritas, menurut Mahmud Fauzi,  akan disampaikan tentang pembinaan karir ASN, khususnya PNS  yang menduduki jabatan struktural.  Tidak ada jual beli jabatan, akan menjadi materi yang akan di sharingkan kepada  peserta KTIN 1.

Widiatmoko menambahkan, kegiatan  KTIN I, selain ada key not speaker pimpinan KPK, dan   paparan dari  pimpinan KPK, Polri dan  Kejaksaan Agung. Peserta  akan diskusi tentang integritas di lingkungan kerjanya.

Hasil diskusi  akan dirangkum, sehingga menjadi bahan bagi peserta, untuk menerapkan integritas di  lingkungan kerjanya, pasca  penyelenggaraan  KTIN I  di Kebumen (SM)