Ada-ada Saja, Kaki Anak Ini Terperosok di Alun-alun

341

KORANBERNAS.ID — Ini peringatan bagi warga Purworejo dan sekitarnya jika ingin menghabiskan waktunya untuk bersantai menghabiskan waktu di Alun-Alun. Sebab proyek senilai Rp 11,6 Miliar yang niat awal untuk membuat indah dan rapi Kawasan Alun-alun tersebut ternyata tidak selesai. Dan oleh Panitia proyeki Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pemerintah Kabupaten (pemkab) Purworejo telah diputus kontrak karena hingga waktu yang ditentukan pada 27 Desember 2017 lalu, ternyata belum rampung.

Pada beberapa bagian trotoar belum sepenuhnya di tutup dengan paving blok, sehingga terjadi lekukan antara bagian yang sudah dipasangi paving blok dengan yang belum terdapat paving bloknya. Bahkan lubang monitor lantai gorong-gorong jaraknya sangat lebar dan sangat mengancam cidera kaki bagi pejalan kaki.

Hal ini dialami seorang bocah berusia 4 tahun, yang tidak diketahui identitasnya. Selasa (02/01/2018) petang sekitar pukul 17.30 WIB, terjadi insiden tatkala kaki kiri bocah itu terperosok masuk ke lubang parit yang berada di tengah jalan setapak Kawasan Alun-Alun Purworejo.

Juru parkir yang kebetulan berada di Kawasan Alun-Alun sebelah barat bernama Legi (51) menerangkan tidak diketahui secara pasti tiba-tiba terdengar tangisan dan teriakan dari seorang bocah dalam keadaan jatuh.

“Saya bersama orang-orang langsung mencoba mengangkat kaki anak itu, tapi tak mampu dan kalau dipaksakan kakinya malah bisa cidera parah,” tutur Legi kepada Koranbernas.id.

Setelah dilakukan berbagai upaya dengan tangan kosong tak membuahkan hasil, akhirnya Legi meminjam linggis. “Saya ambil linggis lalu saya bongkar salah satu beton penutup gorong-gorong itu. Dan akhirnya anak itu bisa kami selamatkan,” ucapnya.

Legi bersama kedua orang tua bocah serta beberapa orang yang berada di Alun-Alun membutuhkan waktu hampir 40 menit untuk mengangkat kaki bocah malang itu.

“Kaki anak itu terperosok cukup lama, sekitar setengah jam lebih, kalau satu jam yang kurang lah,” imbuhnya.

Kondisi Alun-alun Purworejo sendiri masih tampak acak-acakkan. Puing-puing sisa proyek tampak berserakkan. Meski begitu, warga Purworejo silih berganti mendatangi Alun-alun untuk sekedar menyaksikan hasil karya Pemkab Purworejo yang bakal mangkrak selama tahun 2018 nanti. (yve)