Ada Air Mata di Botol Air Mineral

132
Siswi SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta mengikuti Muhasabah dan Doa Bersama di sekolah setempat. (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Lampu aula yang disetel temaram tidak terlalu terang dan tidak gelap, ditambah untaian motivasi yang disampaikan Ustad Purwanto SAg beserta tim, seperti mempercepat air mata para siswi meleleh.

Tetesan air mata itu menghiasi kegiatan Malam Muhasabah dan Doa Bersama, yang diikuti ratusan siswi kelas IX SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, beberapa waktu silam. Tujuannya untuk memotivasi mereka menghadapi ujian kelulusan yang sudah di depan mata.

Kegiatan itu berlangsung dua hari. Pelajar putra memperoleh giliran pertama. Didampingi orangtuanya masing-masing, anak-anak itu tak bisa menahan tangis.

Namanya juga anak-anak usia remaja, sambil menangis ada saja yang bertingkah iseng, diam-diam mengambil botol air mineral kosong kemudian “menampung” tetesan air matanya di botol tersebut.

Baca Juga :  Cara KPU Sleman Tekan Golput Pemilu 2019

Sebagian merangkul ibunya, sebagian lagi melap air mata yang membasahi pipinya dengan tisu. Selebihnya sesenggrukan sambil terus memeluk ibunya. Melihat anak-anaknya menangis, sebagian orang tua akhirnya tidak kuasa menahan air matanya tumpah.

Azhari SPdI selaku ketua penyelenggara menyampaikan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Program Kerja Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam rangka menghadapi kegiatan akhir sekolah dan Ujian Nasional.

Kepala SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Heriyati SPd MM, menuturkan muhasabah dan doa bersama merupakan acara tahunan, sekaligus sebagai sarana evaluasi diri bagi guru maupun karyawan sekolah yang berada di Jalan Kapten Piere Tendean No 19 tersebut.

Bagi sekolah, kegiatan itu berguna untuk menyusun rencana kerja ke depan. Sedangkan bagi siswa, melalui muhasabah ini diharapkan mereka hormat kepada orang tua dan guru. “Mendidik anak di era sekarang harus super sabar,” ungkap Heriyati.

Baca Juga :  Jangan Tutup Pintu Saat di Kamar Mandi

SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta merupakan Sekolah  Standar Nasional (SSN) yang menyandang status Terakreditasi A. Sekolah ini juga sudah menyandang Adiwiyata. (sol)