Ada Beruang Mungil di Ruang Kelas SMPN 1 Bukateja

356
Kepala SMPN 1 Bukateja, Tjandra Irawati, menunjukkan karya salah seorang siswanya, Zahrina Anggiana. (prasetiyo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Sebanyak 210 siswa Klas IX SMPN 1 Bukateja Purbalingga, selama dua hari, Rabu-Kamis (14-15/03/2018) menggelar pameran karya siswa di sekolah setempat.

Kegiatan dalam rangka jeda semester genap tahun pelajaran 2017/2018 ini untuk menyalurkan kreativitas siswa melalui karya seni rupa dengan bahan kain flanel.

Aneka karya siswa dari Klas 9A – 9G itu dipamerkan di dalam ruang kelas masing-masing. Ruang kelas didesain sedemikian rupa, untuk memajang karya para siswa berbahan kain flanel, di antaranya sandal, boneka, hiasan stoples, lukisan, tempat koran, tempat tisu, celengan, asbak, boneka.

Kepala SMPN 1 Bukateja, Tjandra Irawati SPd,  sangat mengapresiasi karya para siswanya sebagai penerapan mata pelajaran  seni budaya.

“Banyak karya siswa yang menarik, bahkan layak jual. Pesan saya, teruslah berkreasi, siapa tahu kelak dari sini akan lahir seniman maupun perajin mandiri yang berjiwa wirausaha,” ujar Tjandra Irawati.

Baca Juga :  Berburu Kuliner Zaman Sunan Giri di Bantul

Ketika memasuki ruang pameran Klas 9B, Tjandra Irawati tertarik dengan sepasang boneka beruang mungil ukuran 9 senti X 15 senti dari kain flanel yang diberi judul Couple of Bear karya Zahrani Anggiana.

“Modal membuat sepasang boneka beruang mungil ini habis berapa? Beruangnya cantik, dan garapannya rapi. Saya yakin, jika diproduksi dalam jumlah banyak, laku dijual. Kami siap memfasilitasi pemasarannya,” ujar  Tjandra Irawati.

Zahrani Anggiana menjawab, dirinya masih dalam tahap belajar membuat boneka dari kain flanel, di bawah bimbingan guru Seni Budaya  SMPN 1 Bukateja, Naning Abidin SPd dan Elis Sutriyati SSn.

“Modalnya sekitar Rp 25  ribu untuk sepasang boneka beruang ini. Bikinnya juga nggak sulit, namun butuh  ketekunan,” ujar Zahrani Anggiana.

Selain pameran karya siswa, pada kegiatan jeda semester genap ini, khusus hari Kamis (15/03/2018), sebanyak 500 lebih siswa Klas 7 dan 8  menggelar market day.

Berbagai produk makanan dan minuman bikinan para siswa, dijual. Pembelinya dari kalangan guru, karyawan dan para siswa SMPN 1 Bukateja.

Baca Juga :  Rumah Batik Handel Kauman Tinggal Kenangan

Berbagai makanan dan minuman yang dijual itu di antaranya Banana Rainbow Crispy, Kentang Crispy, Puding Buah, Es Buah Jelly, Es Pisang Hijau, Nasi Uduk Bakar, Caramel Ubi, Salad Buah.

“Kegiatan market day atau sehari pasaran di SMPN 1 Bukateja ini untuk melatih siswa berjiwa wirausaha. Kegiatan ini sudah berlangsung dua tahun terakhir ini, dan kami gelar setiap jeda semester. Dan selama market day berlangsung, kantin sekolah kami tutup, agar dagangan para siswa laku dibeli oleh para siswa dan kalangan guru serta karyawan,” ujar Tjandra Irawati. (sol)