Ada Hadiah Cokelat untuk Pelajar

Kejati DIY Kembali Gelar Kegiatan Jaksa Masuk Sekolah

85
Pengurus IAD DIY foto bersama pelajar pada acara JMS di SMPN 11 Yogyakarta, Rabu (18/07/2018). (sholihul hadi/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Kejaksaan Tinggi DIY (Kejati) DIY kembali menyelenggarakan program Penerangan Hukum Jaksa Masuk Sekolah (JMS). Rabu (18/07/2018), kegiatan itu berlangsung di dua sekolah yaitu SMAN 1 Yogyakarta dan SMPN 11 Yogyakarta.

Di hadapan para pelajar, Kepala Seksi (Kasi) Penerangan dan Hukum (Penkum) Kejati DIY, Kusuma J Bulo bersama tim jaksa, menyapa para pelajar. “Siapa yang ingin jadi jaksa,” ujarnya menyapa anak-anak yang duduk di tikar.

Selain itu, dia juga menerangkan secara sekilas tentang institusi kejaksaan, tugas dan wewenang jaksa. Juga dia gambarkan suasana persidangan di pengadilan kaitannya dengan keberadaan posisi jaksa dalam sidang-sidang tersebut.

Adapun materi utama mengenai pentingnya pencegahan penyalahgunaan narkoba serta pengetahuan soal UU ITE.

Baca Juga :  Gunung Kunir, Spot Terbaik Berburu Sunrise

Dengan gaya khasnya, Kusuma J Bulo kemudian mempersilakan pelajar bertanya dengan cara maju dan berdiri bersama dirinya. Ada hadiah untuk mereka. Dua orang siswa menerima hadiah cokelat usai menyampaikan pertanyaan.

Para pelajar mengikuti kegiatan Jaksa Masuk Sekolah di SMPN 11 Yogyakarta. (sholihul hadi/koranbernas.id)

Acara yang berlangsung di SMPN 11 Yogyakarta Jalan HOS Cokroaminoto itu berlangsung meriah dan memperoleh sambutan positif dari pihak sekolah.

Kali ini, tim dari Kejati DIY disertai para ibu yang tergabung dalam Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ini sekaligus merupakan rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18 perkumpulan istri-istri pegawai Kejaksaan RI tersebut.

Di sekolah itu, para anggota IAD DIY juga menyapa para siswa baru yang sedang mengikuti masa orientasi sekolah. Tak ketinggalan, IAD juga berdialog dengan sejumlah guru.

Baca Juga :  Bakal Seru, Obstacle Run Digelar di Lanud Adisutjipto

Ketua IAD DIY, Diah Suryandari Rohan, istri dari Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DIY Erbagtyo Rohan SH MH, dalam sambutannya berharap jangan sampai anak-anak sekolah menjadi korban penyalahgunaan narkoba. “Saya berharap anak-anak terhindar dari bahaya narkoba,” tuturnya. (sol)