Ada Idol Jawa di Kulonprogo

301

KORANBERNAS.ID — Kulonprogo bakal menggelar final Kulonprogo Idol, Sabtu (07/10/2017). Berbeda dari lomba idol lainnya, Kulonprogo Idol mengharuskan peserta memahami dan menampilkan budaya Jawa. Enam peserta yang telah terseleksi akan mengikuti penilaian di panggung terbuka Manunggal Fair Kulonprogo, di kompleks UNY Wates.

Jumantoro Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan Kulonprogo menjelaskan, seleksi Kulonprogo Idol ini telah dilaksanakan pekan kemarin di Gedung Yayasan Dharmais Pengasih Kulonprogo

“Pesertanya semua ada 23 orang, kemudian setekah disaring terpilih enam besar yang akan mengikuti babak final besok Sabtu malam” ujarnya, Kamis (05/10/2017).

Sementara Sekretaris Dinas Kebudayaan Kulonprogo Jaka Mursita mengatakan, Kulonprogo Idol ini untuk mendorong generasi muda kembali mau memahami dan menghayati budaya Jawa.

“Kegiatan motivatif berupa Kulonprogo Idol tidak berhenti pada lomba saja. Namun kedepan masih ada kegiatan selanjutnya dengan tujuan pemasyarakatan kembali budaya jawa” katanya.

Suhartono, guru SMKI Yogyakarta memberikan apresiasi Dinas Kebudayaan Kulonprogo menggelar Kulonprogo Idol dengan tujuan menanamkan kembali budaya jawa dikalangan generasi muda.

“Sekarang ini banyak sekali orang muda dengan nama jawa namun tidak paham jenis makanan jawa, komponen rumah jawa. Apa lagi berbusana Jawa, bicara bahasa jawa dengan baik saja sudah tidak banyak” ujarnya.

Umar Sanusi salah seorang juri dalam seleksi Kulonprogo Idol mengaku cukup senang dengan semangat peserta.
“Semangatnya cukup bagus. Namun pemahaman mereka tentang budaya jawa memang harus dikembangkan. Sehingga Kulonprogo Idol diharapkan menjadi salah satu pemicu generasi muda jawa menyukai memahami budaya Jawa,” katanya.(yve)