Ada Kampung Literasi di Ngemplak Sleman

124
Sekda Sleman Sumadi, SH MH meresmikan Kampung Literasi Wijaya Kusuma, Sabtu (21/07/2018), di Sanggar Seni ASRI Dusun Karanganyar Kecamatan Ngemplak Sleman. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sleman, Sumadi SH MH, meresmikan Kampung Literasi Wijaya Kusuma, Sabtu (21/07/2018), di Sanggar Seni ASRI Dusun Karanganyar Desa Widodomartani Kecamatan Ngemplak.

Hadir pula pada acara tersebut Kasubdit Keaksaraan dan Budaya Baca Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr Kastum MPd.

Selain menyambut baik dicanangkannya program Kampung Literasi Sumadi juga berharap program tersebut membawa masyarakat Sleman ke arah yang lebih baik. Program ini sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Sleman terwujudnya Smart Regency pada 2021.

“Smart Regency salah satunya dapat terwujud dengan budaya baca yang baik di kalangan masyarakat,” jelasnya.

Dia berharap masyarakat mampu memanfaatkan program ini dengan baik sehingga Kampung Literasi yang telah diresmikan tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

“Kami harap ini bukan acara seremonial saja. Kami sangat berharap program ini dapat berkelanjutan,” kata Sumadi.

Sedangkan Kastum berharap pencanangan Kampung Literasi tersebut dapat menjadi teladan bagi kampung-kampung yang lain. Seluruh perangkat pemerintahan di Kabupaten Sleman harus menggaungkan semangat membaca kepada masyarakatnya.

Diharapkan nantinya muncul kampung serupa. “Di DIY baru satu ini Kampung Literasi,” ungkapnya.

Menurut Kastum, saat ini telah ada 85 Kampung Literasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Program tersebut dimulai sejak 2016. Pihaknya berencana mencanangkan kurang lebih 35 Kampung Literasi di tahun 2019. (sol)