Ada Pelajar Tua di Karanggayam

807

KORANBERNAS.ID– Berbagai cara dilakukan untuk merayakan dan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 73, Jumat (17/08/2018).

Diantaranya dilakukan oleh 653 warga Dusun Karanggayam, Desa Bantul yang menggelar kirab usai upacara dengan kostum yang unik.

Ada yang berkostum ala pelajar kendati telah berusia tua dan sebagian lain mengenakan baju sesuai dengan pekerjaan masing-masing.Ada petani, pedagang dan ragam pekerjaan lain. Sebagian lain mengenakan busana kejawen.

Para peserta  dari berbagai usia ini kirab keliling pedusunan dengan semangat luar biasa sembari membawa gunungan hasil bumi.

Suparman ketua panitia mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memeriahkan HUT RI ke 73.

“Juga untuk memupuk kebersamaan dan kegorong royongan warga sebagai modal mengisi kemerdekaan,” kata Suparman.

Sementara Dukuh Marsudi Spd mengatakan kirab dengan membawa gunungan  ini sebagai wujud syukur atas anugerah kemerdekaan, anugerah rejeki, kesehatan dan berkah lain yang didapatkan warga Karanggayam. Sekaligus ini untuk memupuk rasa nasionalisme di kalangan warga,” ujarnya.

Sedangkan Pj Lurah  Desa Bantul  Rumanta P Martana Ssos MM didampingi Kasi kesejahteraan Desa Bantul, Kuswandi menyampaikan dalam rangka  peringatan hut RI Ke 73 Pemerintah Desa Bantul  dan  seluruh warga  Desa Bantul sangat antusias menyambutnya.

“Kita menggelar banyak  kegiatan.Misalnya aneka lomba serta malam tirakatan  jelang HUT RI,” kata Rumanta.

Pemerintah Desa Bantul  dan jajaran pamong  desa dibagi menjadi tiga tim untuk   mendampingi acara  tirakatan  di 12 pedukuhan se Desa Bantul.

Setiap Babinsa  Desa Bantul ,Serka  Alfandi dan Sertu Tamzis  serta Babhinkamtibmas Desa Bantul, Bripka Agus Bandianto ikut terlibat dalam tim.

“Ini sebagai wujud  penjabaran sesanti  Desa Bantul di tahun 2018 Gumregah Nyawiji Merti Bumi  Ngupadi Jati  Diri  Ambangun Nega,” imbuh Kuswandi. (yve)