Ada Warung Makan Gratis di Pugeran

545
Warung makan gratis di Jalan Pugeran Barat 30 Yogyakarta. Warung ini buka sekali sepekan setiap hari Jumat. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Ada banyak warung makan dengan menu-menu lezat. Tentu saja untuk menikmatinya pecinta kuliner harus keluar uang dari dompet. Tapi hal itu tidak berlaku bagi warung yang satu ini. Warung yang berlokasi di Jalan Pugeran Barat 30 Mantrijeron Kota Yogyakarta ini justru menyediakan menu lezat dan gratis.

Ny Yuniarti Wijanarko selaku penggagas membuka pintu rumahnya lebar-lebar bagi siapa saja yang ingin santap siang tanpa harus bayar. Hanya saja, warung makan gratis ini dibuka sepekan sekali pada hari Jumat saat jam makan siang atau usai salat Jumat. Ini merupakan bagian dari kegiatan sedekah Jumat yang dikekolanya bersama sejumlah relawan.

Tak heran pada Jumat (12/01/2018) siang tatkala pembukaan perdana warung yang terletak persis di depan Masjid Al Fathonah Pugeran lingkungan SD Negeri Suryodiningratan 2 Kota Yogyakarta itu terlihat ramai. Mulai dari anak-anak, remaja hingga lansia memperoleh kesempatan makan gratis.

Ke depan, menunya berganti-ganti setiap kali buka. Hari itu kebetulan Ny Yuniarti beserta relawan menyediakan soto 100 porsi lengkap dengan kerupuk, tempe dan tahu goreng serta teh panas.

Sebelum buka, dia dan relawan menyebarkan informasi mengenai keberadaan warung makan gratis tersebut melalui group WA (Whatsapp) dan juga selebaran. “Mangga, ada 100 porsi menanti dinikmati,” ungkapnya.

Yuniarti berharap lebih banyak lagi relawan yang bersedia bergabung. “Kami butuh relawan untuk memasak, menyiapkan, menyajikan dan membersihkan,” kata dia.

Guna mencukupi kebutuhan beras, bumbu, minyak goreng dan lain-lain, dia mengajak  donatur turut bergabung. Inilah ladang untuk beramal saleh. Yakinlah, dengan bersedekah ilmu, harta maupun tenaga maka Allah SWT akan merampungkan kesulitan-kesulitan yang dialami hamba-hamba-Nya. (sol)