Ada Wedang Uwuh di Resto Bondan Winarno

298
Suasana Kopi Euy milik Bondan Winarno di Taman Budaya Sentul City Bogor. (arie giyarto/koranbernas.id)

KORAN BERNAS.ID — Masih ingat sosok Bondan Winarno, wartawan yang beberapa tahun belakangan tenar dengan liputan kulinernya Mak Nyuuuss yang terkenal itu? Meski Mak Nyuuuss telah lama hilang dari tayangan di layar kaca, namun orang tetap mengingatnya.

Bondan ternyata tidak hanya piawai berkomentar tentang suguhan kuliner modern maupun tradisional. Pria lewat tengah baya itu kini punya banyak restoran di berbagai kota di Indonesia. Sebagian memang hasil kemitraan dengan pihak lain.

Salah satunya ada di Taman Budaya Sentul City, Bogor Jawa Barat. Namanya Kopi Euy. Ketenaran namanya menjadi daya tarik sehingga restonya banyak dikunjungi pembeli. Tidak sekadar minum dan makan, tetapi juga menjadi tempat kongkow.

“Terutama pada hari libur, selalu banyak pengunjung,” kata Edy, salah seorang pramuladi menjawab pertanyaan koranbernas.id, Kamis (21/09/2017). Siang itu pengunjung yang tidak kebagian tempat duduk di pendapa, meluber sampai gazebo di sekitarnya.

Baca Juga :  Kalau Mengalami Kekerasan, Laporkan!

Dasar wartawan, Bondan menampilkan daftar menu juga aneh. Namanya Warta Menoe.  Semua ditulis dengan ejaan tempo doeloe. Oe untuk u, tj untuk c , dj untuk j.

Di resto ini tersaji aneka kuliner Nusantara, mulai dari tradisional hingga modern. Meski ada aneka kopi robusta dan arabica, tetapi juga ada  Wedang Uwuh Imogiri, salah satu minuman khas Bantul yang terkenal itu.

Jika resto lain menyajikan lemon tea dengan lemon impor, di sana menggunakan jeruk nipis. Ada juga teh jahe Salatiga dan teh Tarek Semenanjung.

Meskipun ada menu berbau Barat seperti Korketcs Belanda dan spagheti tuna pedas, namun bagi yang ingin singkong rebus atau singkong goreng sambal roa pun ada. Juga bakmi Djawa.

Baca Juga :  Calon Dokter Juara Kulonprogo Idol

Menurut Edy, hampir tak ada  menu favorit. Semua merata sesuai selera pembeli. Bondan punya tagline Koffie Mantep Harganya Djoedjoer. Tempat Njaman Tapi Harga Tidak Boleh Mahal. “Kedjoedjoeran” itu juga ditampakkan oleh Bondan pada sampul Warta Menoe pojok kanan bawah, tertulis Kopi Pekat.

Diseyogiakan bagi yang memesan kopi di malam hari, perlu dipertimbangkan. Karena beberapa konsumen menyatakan jadi sulit tidur.

Sebuah panduan yang penting bagi konsumen. Jangan sampai inginnya badan segar habis minum kopi, malah jadi sulit tidur. (sol)