ADBI Pilih RSUD Sleman Sebagai Lokasi Kunjungan

297
Direktur RSUD Sleman dr Joko Hastaryo MKes bertukar cenderamata tamunya, Kamis (22/03/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI bekerja sama dengan Asian Development Bank Institute (ADBI) menyelenggarakan kunjungan lapangan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sleman, Kamis (22/03/2018).

Ini merupakan bagian dari program Field Trip Workshop International Designing Effective Social Health Security System In Asia Countries.

Kasubdit Dirjen Anggaran Kemenkeu RI, Didik Kusnaini, selaku pimpinan rombongan mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui sistem kesehatan khususnya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Indonesia.

Dipilihnya RSUD Sleman karena sistem layanan kesehatan maupun jaminan kesehatan sudah berjalan baik di rumah sakit tersebut.

“Kami mengajak 24 peserta dari negara ASEAN seperti Laos, Vietnam, Myanmar, Kamboja, Thailand, Malaysia, Filipina serta perwakilan dari WHO dan Bank Dunia untuk sharing dan mengetahui bagaimana sistem kesehatan berjalan di Indonesia,” jelasnya.

Baca Juga :  Tak Ingin Ditilang Polisi, Ini Syaratnya

Direktur RSUD Sleman, dr Joko Hastaryo MKes, menuturkan para peserta sangat antusias mengetahui apakah pelayanan BPJS dilaksanakan dengan baik di RSUD Sleman.

“Mereka berkeliling melihat pelayanan pendaftaran, pelayanan dokter spesialis di poliklinik dan pelayanan penunjang lainnya di RSUD Sleman,” kata Joko.

Pemerintah serius memberikan layanan jaminan kesehatan kepada masyarakat. Saat ini pengguna BPJS di RSUD Sleman untuk rawat jalan mencapai kurang lebih 80 persen dan rawat inap 85 persen. (sol)