Agar Anak Punya Cita-cita Naik Haji

216
Sebagian dari ribuan anak TK/RA Masyitoh se-Kabupaten Kulonprogo mengikuti kegiatan manasik haji, Senin (18/09/2017). (sri widodo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Sebanyak 1.425 anak-anak dari Taman Kanak-kanak/Raudatul Athfal (TK/RA) Masyitoh se-Kabupaten Kulonprogo, Senin (18/09/2017), mengikuti manasik haji di Masjid Agung Kulonprogo. Melalui kegiatan itu mereka diharapkan memiliki cita-cita naik haji.

Dengan wajah ceria ribuan bocah itu mengikuti instruksi para pelatih dan guru-guru mereka, mulai dari memakai pakaian ihram, tahalul, melontar jumrah, dan tawaf.

Manasik haji bagi anak TK ini diselenggarakan oleh Persatuan Guru Taman Kanak-kanak Muslimat (PGTKM). Ketua Panitia, Ida Laili Fauziah, yang juga Ketua Persatuan Guru Taman Kanak-kanak Muslimat (PGTKM) menjelaskan, peserta manasik haji sebanyak 1.425 anak tersebut berasal dari 42 TK/RA se-Kabupaten Kulonprogo.

Ini dimaksudkan untuk mengenalkan kegiatan ibadah-ibadah agama Islam sejak dini. “Kegiatan hari ini khusus manasik haji.  Di sekolah-sekolah kan biasanya hanya penjelasan saja. Yang ini praktiknya, agar anak-anak mengenal kegiatan haji itu seperti apa,” tutur Ida.

Baca Juga :  Gusti Yudha pun Turun ke Dusun

Dalam manasik ini dipraktikkan semua rukun haji yang wajib seperti ibadah sesungguhnya. Hanya saja waktunya singkat, disesuaikan kemampuan anak.

(sri widodo/koranbernas.id)

Mien Maimunah selaku Pimpinan Cabang Muslimat NU Kulonprogo mengatakan, manasik diharapkan bisa menanamkan iman dan takwa kepada anak sedini mungkin, sekaligus agar anak-anak merasa tertanam dan mempunyai cita-cita untuk beribadah haji.

Astuti, salah seorang siswa dari Kokap dengan ceria mengikuti setiap tatacara ibadah haji. Dia mengaku senang mempraktikkan rukun-rukunnya. “Besok kalau sudah besar ingin pergi ibadah haji,” katanya. (sol)