Agar Konsumsi BBM Motor Matik Makin Hemat

331
Karyawan AHM sedang melakukan perakitan New Honda BeAT eSP di pabrik perakitan AHM, Cikarang.(istimewa)

KORANBERNAS.ID—Sepeda motor matik, memang dikenal cukup boros bahan bakar. Pabrikanpun mencoba berbagai upaya agar produk matik mereka dapat lebih menghemat bahan bakar. Salah satu yang dilakukan adalah mengenalkan sistem injeksi.

Namun, saat ini sistem injeksi saja dirasa belum maksimal. Maka PT Astra Honda Motor (AHM) mengawali 2018 dengan mengenalkan teknologi Eco Indicator pada motor New Honda BeAT eSP dan New Honda BeAT Street eSP.

Tak hanya Eco Indicator, varian terbaru dari BeAT ini juga sudah mengadopsi teknologi ISS, yang otomatis akan mematikan mesin saat kendaraan berhenti 3 detik.

Marketing Director AHM Thomas Wijaya mengungkapkan, fitur ECO Indicator pintar menampilkan tanda berkendara secara irit. Saat berkendara dengan irit, ECO Indicator berwarna hijau ini akan menyala di panel meter dengan 3 pola untuk menunjukkan gaya berkendara yang irit.

“Ini akan mengingatkan pengendara yang terbiasa mengendarai sepeda motor bagaimana cara berkendara yang hemat BB,” kata Thomas dalam rilisnya, Kamis (04/01/2018).

Dikatakan Thomas, New Honda BeAT eSP dan New Honda BeAT Street eSP didukung mesin 110 eSP yang mampu memaksimalkan pembakaran secara efisien dan mengurangi gesekan untuk memperkecil resiko bahan bakar terbuang percuma, serta mengoptimalkan energi yang keluar. Kedua model ini dibekali dengan teknologi terdepan untuk sensasi menghidupkan motor tanpa suara dengan ACG Starter. New Honda BeAT eSP dilengkapi ISS (Idling Stop System), fitur canggih yang mematikan mesin secara otomatis saat motor berhenti lebih dari 3 detik untuk efisiensi bahan bakar dan ramah lingkungan.

Teknologi ini membuat New Honda BeAT eSP dan New Honda BeAT Street eSP memiliki konsumsi bahan bakar teririt di kelasnya. Model ini mampu mencapai 57 km/l (metode ECE R40) dengan metode pengetesan EURO 2 (EURO 3 = 55 km/l). Bahkan dengan menggunakan fitur Idling Stop System, New Honda BeAT eSP mampu mencapai 59km/l (metode ECE R40) melalui pengetesan EURO 3 (EURO 2 = 63km/l). (*/SM)