Agus Pribadi, Guru IPA yang Piawai Menulis Sastra

155

KORANBERNAS.ID — Di sela-sela kesibukannya sebagai guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SMP Negeri 5 Mrebet Purbalingga, Agus Pribadi  juga piawai menulis dan bersastra.

Hal ini ia buktikan akan diluncurkannya tiga buku karyanya pada Minggu (04/03/2018) mendatang mulai pukul 10:00 di RM Wapo Kebon Kelapa Jalan Ketuhu Wirasana Purbalingga.

“Menulis adalah sebuah proses yang tidak terlalu mudah, tetapi juga tidak terlalu susah. Menulis butuh ketekunan, ketelatenan, dan keuletan. Terkadang butuh waktu bertahun-tahun untuk dapat menerbitkan sebuah buku. Jika hanya satu atau dua hari, akan sangat sulit,” ujar Agus Pribadi kepada koranbernas.id Minggu (25/02/2018),  soal proses kreatifnya menekuni dunia tulis-menulis.

Adapun tiga buku yang akan diluncurkan itu, terdiri 36 Rahasia Bisa Menulis, Doresani, Kumpulan Cekak Penginyongan dan Unggas-Unggas Bersayap Putih, Kumpulan Cerpen.

Ketiga buku itu akan dibedah oleh Ryan Rachman, wartawan Suara Merdeka dan aktivis Komunitas Teater dan Sastra Perwira (Kata Sapa) serta Agustav Triono (penyair).

Baca Juga :  Miris, Lumba-lumba Hidung Botol Mati di Trisik

Buku pertama berjudul 36 Rahasia Bisa Menulis berisi panduan bagi siapa saja yang ingin belajar menulis fiksi, nonfiksi dan blog. Buku itu ditulis berdasarkan perenungan dan penghayatan saat menulis untuk media online maupun media cetak. Diterbitkan oleh Penerbit Leutikaprio Yogyakarta, Desember 2017.

Buku kedua berjudul Doresani, Kumpulan Cekak Penginyongan. Buku berbahasa Jawa dialek Banyumasan ini berisi 16 cerita tentang kehidupan sehari-hari yang mengandung hikmah kehidupan. Diterbitkan oleh Satria Indra Prasta-SIP Publishing Banyumas, Januari 2018.

Buku ketiga berjudul Unggas-Unggas Bersayap Putih, Kumpulan Cerpen berisi 15 cerita pendek. Cerpen-cerpen dalam buku itu pernah dimuat di berbagai media seperti  Suara Merdeka, Kedaulatan Rakyat, Satelitpost, dan media lainnya. Diterbitkan oleh Pustaka Media Guru, Surabaya, Desember 2017.

Tiga buku yang akan diluncurkan. (istimewa)

“Materi-materi yang ada pada ketiga buku tersebut tidak kami tulis dalam waktu singkat, namun beberapa tahun lamanya. Kemudian dikumpulkan dan dijadikan buku,” ujarnya.

Baca Juga :  Jutaan Pemuda Butuh Sentuhan Motivasi

Melalui peluncuran ketiga buku tersebut, Agus Pribadi kelahiran Purbalingga 10 Mei 1978 ini mengajak para penulis di Banyumas, Purbalingga dan sekitarnya untuk terus berkarya dalam proses panjang dan tiada henti.

“Harapan saya, para penulis dari Banyumas Raya dapat semakin berkiprah di tingkat regional, nasional, bahkan internasional,” kata alumnus Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto yang diangkat sebagai CPNS  tahun 2009 ini.

Bagi yang  ingin menghadiri peluncuran buku tersebut, silakan kontak  Agus Pribadi HP 0852-9012-4307. Peserta terbatas, hanya untuk 30 orang. Fasilitas berupa makan, snack, dan diskusi buku.

Dalam acara ini, dijual  buku Doresani, Kumpulan Cekak Penginyongan dan kumpulan Cerkak BasaJawa Banyumasan, Iwak Gendruwo. Masing-masing buku dijual Rp 25 ribu, khusus saat peluncuran buku kali ini.  (sol)