Agustusan Sembari Berwisata di Dlingo

Aparat di Kecamatan Dlingo Rapat persiapan HUT RI ke-72. (istimewa)

251

KORAN BERNAS.ID–Kemerdekaan RI diperingati setiap tanggal 17 Agustus dan tahun ini memasuki usia 72 tahun. Masyarakat menyambutnya dengan antusias. Kerja bhakti menghias lingkungan serta  bendera merah  putih  berkibar di berbagai sudut wilayah.

Tidak kalah antusias adalah pemerintah Kecamatan Dlingo yang bersiap menggelar beragam kegiatan memeriahkan agustusan.

Tri Tujiana AP, MM Camat Dlingo mengatakan persiapan secara matang telah dilakukan. Diantaranya dengan mengundang Muspika, kepala desa, puskesmas, UPT  dan kepala sekolah di Aula Kecamatan Dlingo.

“Kita koordinasikan agar acara bisa berjalan dengan baik, aman dan lancar,” kata Tri Tujiana, Jumat (04/08/2017).

Adapun kegiatan yang akan digelar selain upacara yang dipusatkan di Kecamatan Temuwuh dan sarasehan, juga ada kegiatan lain yang menyertainya. Diantaranya lomba gebyar PAUD pada tanggal 21 Agustus, Festival Jathilan  tanggal 22-24 Agustus serta gerak Jalan tanggal 25 agustus.

“Juga akan ada jelajah wisata yang direncanakan tanggal 11 Agustus dan diikuti oleh Bupati Bantul,”katanya.

Tidak semua obyek wisata dilewati saat event jelajah wisata nanti. Tapi yang masih perlu promosi diantaranya Gunung Pengger, Goa Gajah, Watu Mabur, Gunung Mungker dan berakhir di Kebun Buah. Peserta diperkirakan 200 orang, dengan start  dari homestay Kusuma Jalan Parangtritis langsung naik lewat Cino Mati. Sesampainya di Gunung Pengger peserta bergabung dengan peserta lainnya dari wilayah Kecamatan Dlingo.

Sementara Yuli Hernadi, S.Sos selaku Ketua Umum Panitia HUT Kemerdekaan RI Kecamatan Dlingo mengatakan tujuan dari jelajah wisata ini untuk mengenalkan obyek wisata yang ada di wilayahnya. Banyaknya obyek wisata yang belakangan ini muncul akan menambah pilihan bagi masyarakat untuk menikmati panorama alam.

“Setiap OPD seharusnya tahu jalur obyek wisata yang ada. Sehingga bila ada calon wisata dari luar yang bertanya minimal bisa memberi petunjuk arah ke lokasi yang dimaksud,”jelasnya.(sm)