Ahli Tanaman Padi Dilantik Jadi Rektor Unsoed

488
Menristekdikti melantik Rektor Unsoed Prof Dr Ir Suwarto MS (kanan) di Jakarta, Kamis (04/05/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto kini resmi memiliki rektor baru masa jabatan 2018-2022 menyusul dilantiknya Prof Dr Ir Suwarto MS, Kamis (03/05/2018), di Auditorium Gedung D Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Jakarta. Pelantikan dilakukan oleh Menristekdikti Prof H Mohamad Nasir Ph D Ak.

“Jabatan adalah amanah yang harus dilakukan dengan baik,  maka harus dikerjakan dengan sebaik-baiknya dengan cara good university governance. Pimpinan perguruan tinggi dan Kopertis memikul tanggung jawab besar,” kata Mohamad Nasir dalam sambutan pelantikan tersebut.

Dia berpesan agar rektor sebagai pimpinan perguruan tinggi terus meningkatkan akreditasi program studi dan institusi serta peningkatan publikasi ilmiah.

Menteri Mohamad  Nasir juga menyampaikan rektor harus inovatif, kreatif dan mempunyai tata kelola perguruan tinggi yang baik.

Tidak hanya itu, kampus juga harus bersiap menghadapi era disruptif, khususnya yang terkait dengan digitalisasi dan kemajuan di bidang teknologi informasi.

Baca Juga :  Sembako Murah untuk Warga Tak Mampu

Hal tersebut harus disikapi bijaksana agar perguruan tinggi mampu menanggapi tantangan zaman.

“Salah satu cara bersiap memasuki era disruptif adalah dengan terus mengembangkan sistem infomasi akademis,” ujar Mohamad Nasir seperti dikutip Koordinator Sistem Informasi Unsoed, Ir Alief Einstein M Hum kepada koranbernas.id, Jumat (04/05/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Menristekdikti juga memberikan apresiasi kepada Dr Ir Achmad Iqbal MSi selaku rektor Unsoed sebelumnya atas kinerjanya selama ini.

Hadir dalam pelantikan tersebut para pejabat di lingkungan kementerian, termasuk para wakil rektor didampingi istri, sejumlah guru besar dan pejabat struktural terkait, termasuk perwakilan keluarga alumni Unsoed.

Selain rektor Unsoed, dalam acara yang sama dilantik Rektor Universitas Siliwangi Tasikmalaya Prof Dr Ir Rudy Priyadi MS dan Koordinator Kopertis XIII Wilayah Aceh Prof Dr Faisal SH M Hum.

Ahli Padi

Rektor Unsoed yang baru, Prof Dr Ir Suwarto MS adalah guru besar Fakultas Pertanian Unsoed, kelahiran Banyumas 5 Mei 1960.

Baca Juga :  Unsoed Terima 6.261 Mahasiswa Baru

Dia dikenal sebagai ahli tanaman padi. Hal ini berkaitan dengan berbagai temuan dan penelitiannya di bidang tanaman padi yang fenomenal.

Di antaranya berhasil menemukan varietas Padi Gogo Aromatik Inpago Unsoed 1 yang telah dilepas sebagai varietas unggul nasional oleh Menteri Pertanian RI tahun 2011.

Kemudian  Inpago JSPGA 9 dan Inpago JSPGA 136 yang telah mendapatkan hak Perlindungan Varietas Tanaman.

Karya terbaru Suwarto adalah padi gogo Inpago Unsoed Parimas yang dilepas 2017. Kemudian prototipe yang telah dikembangkan di antaranya padi tipe baru, padi aerobik dan green super rice.

Atas karya-karya inovatifnya yang dinilai memberikan sumbangsih besar terhadap pertanian Indonesia, maka Prof Suwarto pernah mendapat penghargaan dari pemerintah.

Yakni penghargaan Inovasi Pangan dan Pertanian tahun 2015 dari Presiden Republik Indonesia. (sol)