Air Sempat Mengalir Deras ke GL Zoo

169
Alat berat dikerahkan di lokasi fondasi longsor yang menimpa kawasan GL Zoo. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Obyek wisata Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta ikut terdampak hujan lebat yang berlangsung sehari semalam, Selasa (28/11/2017). Ini karena bangunan Kostel (kos hotel) di luar pagar kebun binatang itu fondasinya ambrol sehingga tanah dan air mengalir deras memasuki kawasan GL Zoo.

Akibat ambrolnya fondasi bangunan Kostel di Jalan Veteran itu, tanah longsoran juga menguruk bangunan saluran air yang baru saja diselesaikan pengerjaannya oleh Dinas Kimpraswil Kota Yogyakarta.

Sejak Rabu  (29/11/2017) pagi  Dinas Kimraswil mengerahkan belasan tenaga guna membersihkan tanah longsoran dari Kostel di atasnya. Petugas Pertanaman GL Zoo juga menebangi pepohonan di lokasi longsoran dengan peralatan berat.

Ini dimaksudkan untuk mengantisipasi kemungkinan robohnya tanaman perindang akibat gerusan air yang mengalir dari atas.

Kabid Wisata GL Zoo Heri Dahrma Setiawan mengatakan, ambrolnya fondasi bangunan bertingkat tersebut menyulitkan akses jalan  pengunjung yang akan meninggalkan kebun binatang itu.

Selama dua hari  pihaknya terpaksa menghentikan pengoperasian transpor keliling (Taring). Rencananya Kamis (30/11/2017) Taring GL Zoo akan kembali dioperasikan.

“Tidak  melintasi lokasi longsoran, tapi lewat jalur alternatif yang aman. Dari pemberangkatan penumpang di halte I, dan berakhir di halte I pula,” kata Heri usai simulasi rute baru Taring GL Zoo.

Kabid Perawatan Satwa setempat, Miftah Nur Khasan mengakui beberapa ekor satwa koleksinya ada yang dipindahkan ke kandang yang lebih aman karena khawatir tertimpa tembok tua. (sol)