Ajak Warga Jogja Menjaga Keistimewaan

160
Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto menghadiri puncak acara HUT ke-73 RI di Danurejan. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto, mengajak warga Jogja selalu menjaga persatuan bangsa dan keistimewaan DIY, serta bersama-sama menggelorakan Pancasila dari kampung di perkotaan dan pedusunan di kabupaten.

Upaya ini dapat ditempuh melalui jalan kebudayaan. “Dengan kebudayaan kita bersama-sama membangun semangat gotong royong, saling menghargai dan toleransi sesama warga bangsa,” ujarnya, Jumat (31/08/2018) malam.

Tatkala menghadiri pentas seni puncak acara Peringatan Kemerdekaan RI di Gemblakan Bawah Danurejan Yogyakarta, anggota Fraksi PDI Perjuangan dapil Kota Yogyakarta itu menyatakan budaya menjadi ekspresi rakyat dalam memaknai kemerdekaan Republik Indonesia.

“Di kampung dan dusun nilai-nilai gotong rotong masih sangat terasa. Juga nilai persatuan toleransi dan tenggang rasa. Dari Kampung Gemblakan Bawah Yogyakarta kita gelorakan dan bangkitkan semangat Pancasila, semangat gotong royong secara nyata,” ajaknya.

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIY ini menyampaikan, dalam sejarahnya Jogja memiliki jiwa dan semangat juang yang hebat untuk meraih kemerdekaan maupun mempertahankannya. “Ayo bersatu bangkit dan berjuang mewujudkan persatuan bangsa Indonesia dari Jogja,” kata dia.

Kemeriahan puncak acara peringatan kemerdekaan RI di Danurejan diisi penampilan seni oleh perwakilan RT dan RW, sekaligus penyerahan penghargaan pelajar berprestasi dari tingkat SD sampai SMA.

Acara Puncak Pitulasan Malam Kesenian yang dihadiri lebih kurang 1.000 warga Danurejan ini diikuti juga oleh Suwarto,  anggota DPRD Kota Yogyakarta Fraksi PDIP, Camat Danurejan, Kapolsek Danurejan serta Lurah Suryatmajan.

Suwarto menyatakan peringatan hari kemerdekaan RI menjadi cara warga untuk mengungkit lagi semangat perjuangan.

“Ini cara warga ajak yang muda, remaja hingga orang tua untuk kembali menggugah semangat, mengenang dan meneladani perjuangan pahlawan. Dulu mereka berjuang dan kini sudah sepuh-sepuh, kita sekarang meneruskan semangat perjuangan itu,” kata Suwarto. (sol)