Akhirnya, FKR Digelar di Klaten Tengah

357

KORAN BERNAS, ID–Kecamatan Klaten Tengah bekerjasama dengan Amigo Group dan Omah Wayang akan menggelar Festival Ketoprak Remaja (FKR) Perdana pada 7 Oktober 2017. FKR yang akan diikuti 5 SMP itu bertempat di SD Kristen 3 Jalan Seruni Kelurahan Tonggalan Klaten Tengah.

Kasubag Umum dan Kepegawaian Kecamatan Klaten Tengah Sutardi mengatakan ketoprak merupakan kesenian tradisional yang lebih luwes bila dibandingkan wayang. Oleh karenanya ketoprak harus dilestarikan dan dikembangkan.

“Selama ini kegiatan yang sudah ada adalah Festival Ketoprak Anak (FKA) dan Festival Ketoprak Pelajar (FKP). Festival Ketoprak Remaja (FKR) untuk pelajar SMP terlewatkan dan belum pernah ada,” katanya, Selasa (05/09/2017).

Ditambahkan, FKA yang digelar selama ini merupakan festival ketoprak untuk pelajar SD dan FKP untuk pelajar SMA dan SMK. Namun karena wadah untuk pelajar SMP belum pernah ada, maka pada tahun ini digelar FKR perdana pada 7 Oktober 2017.

Baca Juga :  Pamali Tanam Padi di MT 3, Ini Sebabnya

Sementara, Edy Sulistyanto dari Amigo Group menjelaskan FKR Perdana terlaksana setelah mendapat restu dari Camat Klaten Tengah Widayatna. Tahun depan FKR dan FKA akan berganti nama menjadi FKP (Festival Ketoprak Pelajar) SD dan SMP dan waktu pelaksanaan juga bisa tambah.

“Kami bermimpi ke depan FKP tidak lagi even tingkat Kabupaten Klaten saja tetapi menjadi even tingkat provinsi,” kata Edy yang mengaku festival ketoprak dilaksanakan karena didasari rasa keprihatinan generasi muda yang luntur akan kesenian tradisional.

Padahal banyak kalangan menilai bahwa ketoprak adalah media pendidikan karakter yang lengkap. Pendidikan karakter tidak hanya diberikan sebatas teori saja tetapi siswa ditarik langsung dalam praktek.

Baca Juga :  Kata Petani, Sumur Pantek Lebih Irit

Untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap kesenian ketoprak, beberapa waktu lalu Amigo Group juga telah menyelenggarakan workshop selama 4 hari. Dalam workshop itu tampak antusiasme peserta dengan mengundang pakar ketoprak untuk berbagi ilmu.

FKP siswa SMA dan SMK tahun ini adalah yang ke delapan dengan peserta 24 sekolah negeri dan swasta. FKP dilaksanakan 21-24 September di SD Kristen 3.  Sedangkan FKA adalah yang ketiga yang berlangsung ditempat sama pada 8-9 September.

Ketua Panitia FKP ke-8 tahun 2017 Eko Haryanto dari Amigo Group mengatakan dalam festival tersebut masing-masing tim terdiri dari 50 personel dan durasi penampilan setiap tim antara 50 hingga 60 menit. (Masal Gurusinga/SM)