Akhirnya, Lab Peninggalan Warga Jepang Ini Diperhatikan

117
Kondisi bangunan laboratorium putaran miring yang dibangun Prof Kawasaki warga Jepang di Desa Melikan Kecamatan Wedi Klaten beberapa tahun lalu. (Masal Gurusinga/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Laboratorium Keramik Putaran Miring di Desa Melikan Kecamatan Wedi Klaten dibangun Prof Kawasaki dari Jepang beberapa tahun lalu. Laboratorium itu berdiri di atas tanah kas desa dengan tujuan untuk melestarikan keramik atau gerabah di kawasan itu.

Sayangnya beberapa tahun terakhir kondisi bangunan yang diresmikan Gubernur Jawa Tengah H Mardiyanto kala itu memprihatinkan karena tidak terawat.

Namun sekitar dua bulan terakhir, Pemdes Melikan telah menempatkan warga tinggal di bangunan itu untuk merawat dan menemui tamu jika ada yang berkunjung.

“Benar mas. Sudah ada yang tinggal di sana supaya ada yang merawat, bersih-bersih dan menemui tamu yang berkunjung. Yang tinggal di sana perajin gerabah warga Pagerjurang,” kata Sekretaris Desa Melikan, Sukanta.

Baca Juga :  Curi HP, Oknum Pelajar Digelandang Petugas

Sebelum ada yang menempati, kondisi pekarangan dan bangunan yang bersebelahan dengan SD Brangkal 2 Wedi itu sangat memprihatinkan. Rumput  di pekarangan tumbuh liar dan tinggi. Sementara bagian dalam bangunan kotor dan atap banyak yang bocor. Namun setelah ada yang menempati bangunan itu menjadi bersih dan terawat.

Terpisah, Kabid Perindustrian Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Klaten Sinung Nugroho mengatakan pada tahun 2017, Pemkab Klaten telah mengajukan proses persertifikatan lahan Laboratorium Putaran Miring menjadi Hak Milik (HM) Pemkab Klaten. Prosesnya tentu melalui tukar guling dan Pemdes Melikan sudah mendapat tanah pengganti

“Tahun 2017 kemarin sudah proses dan diharapkan sertikatnya rampung tahun ini. Kalau sertifikat hak miliknya sudah jadi, maka tahun 2019 akan kami ajukan dana ke pusat (DAK) untuk pengadaan alat dan sarana prasarana,” ujar Sinung.

Baca Juga :  Bupati Sleman Resmikan Student Park STTNAS Yogyakarta

Sarana prasarana tersebut seperti bangun pagar, pengecatan, paving, perbaikan tungku dan lain sebagainya. (SM)