Akhirnya Pertamina Tertibkan Bangunan Diatas Pipa BBM

437

KORANBERNAS.ID — PT Pertamina dan Kantor Pertanahan Nasional (KPN)  Kabupaten Kebumen hari Kamis (3/8) melakukan pengukuran  tanah yang berada diatas pipa distribusi Bahan bakar Minyak (BBM). Kegiatan itu bagian dari  Pertamina untuk menertibkan  bangunan yang berdiri di atas pipa distribusi BBM. Ada puluhan  bangunan yang berada diatas pipa distribusi BBM milik Pertamina.

Pengukuran ini, menurut beberapa pemilik bangunan yang dikonfirmasi koranbernas.id, sebelumnya sudah didahului dengan sosialisasi rencana penertiban  bangunan yang didirikan  diatas pipa distribusi BBM. Kegiatan kali ini, kegiatan pengukuran tanah. Petugas  Pertamina  dan Kantor  Pertanahan Kebumen, serta pemilik bangunan bersama sama melakukan pengukuran tanah yang berada di atas pipa distribusi.

“Saya menyadari, ada bangunan yang saya bangun berada diatas tanah milik Pertamina, “ kata Ari (43), pemilik bangunan di Jalan  Cendrawasih Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen.

Selama ini lokasi yang digunakan usaha bengkel motor,  memang berada diatas pipa distribusi BBM.  Ketika ada sosialisasi  dan pengukuran, tenyata ada separuh tempat  usahanya berada di atas tanah milik Pertamina. Dia tidak keberatan bangunan pagar dibongkar.

Beberapa pemilik bangunan yang berdiri diatas pipa distribusi, menjelaskan,  petugas yang mengukur memberi waktu sepekan, pemilik banguasn untuk membongkar sendiri. Namun demikian, jika pemilik bangunan meminta bantuan untuk  membongkar,  Pertamina menyiapkan alatt dan tenaga untuk membongkar  bangunan yang ditertibkan itu.

Pengamatan koranbernas.id, ada puluhan bangunan yang dibangun diatas tanah milik  Pertamina dan Ruang Milik Jalan (RMJ) jalan kabupaten. Bangunan itu sebagian besar halaman atau teras runah. Ada beberapa bangunan rumah  berada diatas batas tanah milik Pertamina. Petugas pengukuran  memberi tanda merah  di  tanah yang harus bebas bangunan, dengsa cat warna merah. (yve)