Akses TMMD Total Dilumpuhkan

52
PROSES PENGERASAN - Jalan yang diperkeras dalam kegiatan TMMD sementara ditutup agar tidak rusak. (Foto: Pendim 0704/BNA - Koran Bernas)

KORANBERNAS.ID – Jalan rabat beton sepanjang 1,1 kilometer yang terletak di Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum sementara ditutup untuk umum. Selasa (31/7/18). 

Akses menuju Desa Pasegeran dan sekitarnya dialihkan melewati Desa Pingit Lor Kecamatan Pandanarum. Baik sepeda motor maupun mobil tidak dapat melewatinya sebelum beton benar-benar kering. 

Dikatakan Peltu Pojos, anggota Satgas TMMD, “Penutupan kami lakukan selama pengecoran jalan berlangsung, apalagi peningkatan jalan menggunakan sistem cor beton,” terangnya. 

Sebelum kering maksimal sangat dilarang untuk dilewati, karena akan berdampak pada kerusakan badan jalan. “Selama ini beberapa pengguna belum paham, jalan belum kering sudah dilalui, sehingga beberapa bagian mengalami keretakan, selain faktor panas cuaca tentunya,” Tandasnya. 

Diketahui bahwa masa pengeringan beton maksimal adalah dua pekan, artinya stop semua kendaraan, sehingga jalan nanti kualitasnya prima. “Cuma ditunda penggunaan, toh nantinya warga masyarakat sendiri yang menikmatinya.” imbuhnya.

Selain di mulut jembatan desa yang dirantai, penutupan juga dilakukan di titik akhir di Dusun Kroya Desa Pasegeran dengan menggunakan portal bambu yang diikat pada tiang umbul-umbul.

Jadi setelah TMMD Reguler 102 Banjarnegara berakhir 8 Agustus ini, penutupan masih akan dilanjutkan sampai pertengahan Agustus, semua agar hasil karya TNI dan warga dapat terjaga kualitasnya. (*/Pendim0704-BNA)

Baca Juga :  Mapsi Ajarkan Akhlak Generasi Milenial