Alasan Tak Jelas, Banyak Anggota Dewan Mangkir Paripurna

234
Puluhan kursi kosong saat dilaksanakan Sidang Paripurna DPRD Purworejo, Senin (02/07/2018).(hery priyantono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Sidang Paripurna yang mengagendakan Rapat Paripurna Pemandangan Umum Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purworejo tidak dihadiri mayoritas anggota dewan. Tidak diketahui secara jelas, alasan apa sejumlah wakil rakyat memilih tidak datang di acara penting tersebut.

Padahal siang itu, tidak ada jadwal kunjungan kerja (kunker) komisi apapun yang bisa menyebabkan absennya anggota dewan menghadiri sebuah agenda rapat resmi.

“Hari ini tidak ada jadwal kunker komisi dewan, Mas,” ucap Agus Kabag Humas Sekretariat Dewan Purworejo, kepada koranbernas.id, Senin (02/07/2018) siang tadi.

Sementara itu, dari kalangan eksekutif yang dipimpin oleh Wakil Bupati (wabup) Purworejo, Yuli Hastuti, justru banyak pejabat pemkab setempat hadir pada paripurna dewan siang tadi. Tampak pula Sekretaris Daerah (sekda) Purworejo, Said Romadhon, hadir mendampingi Wabup Yuli.

Baca Juga :  Pemesanan Barang Melalui "E-Purchasing" Terus Meningkat

Dari pantauan media di lokasi sidang, banyak kursi yang seharusnya khusus di tempati anggota dewan, tampak kosong, tak berpenghuni. Hanya beberapa anggota dewan yang tampak hadir. Sebut saja mereka yang hadir yakni Sutardi, Prabowo, Mochtar, Nurul Krisdiarto, Muharomah, Yaminah, Sutarno, Rujianto dan Unsur Pimpinan DPRD tampak hadir.

Hal ini membuat kecewa Ketua DPRD Purworejo, Ir Luhur Pambudi MM. Kepada media Luhur menyatakan kecewa dengan banyaknya anggota dewan yang absen pada paripurna yang sedianya dimulai pukul 11.00 WIB itu. “Secara gentle saya mengaku kecewa. Saya minta maaf kepada para undangan yang sudah lebih dulu hadir,” ungkap Luhur, siang tadi.

Luhur berharap agar kalangan dewan lebih amanah dalam menjalankan tugas dan fungsi wakil rakyat. “Saya berharap besok-besok lagi jangan absen saat rapat atau sidang paripurna, kecuali memang berhalangan sakit atau ada urusan yang lebih penting,” pintanya. (yve)

Baca Juga :  Satu Lagi Kampus di DIY Terakreditasi A