Alat Uji Rem pun Ikut Diangkut

1031
Petugas. Dishub Klaten melayani uji kir kendaraan bermotor di subterminal Karang Delanggu. (masal gurusinga/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Klaten mengalihkan pelayanan uji kir kendaraan bermotor ke subterminal Karang Delanggu. Itu dilakukan karena adanya pembangunan Kantor Dishub tahun ini.

Kepala Bidang Angkutan Dishub Joko Suwanto mengatakan pengalihan pelayanan uji kir kendaraan ke subterminal Karang Delanggu dilakukan pada 15 Agustus 2018. Sedangkan aktivitas kantor pindah ke Terminal Bus Ir Soekarno Mojayan Klaten Tengah.

“Benar, Mas, per tanggal 15 Agustus uji kir dilayani di Karang Delanggu. Sedangkan kantor di terminal Ir Soekarno,” kata Joko Suwanto, Senin (03/09/2018).

Tidak ada perbedaan pelayanan uji kir di subterminal Karang Delanggu dan di Kantor Dishub. “Pelayanan sama. Tetap Senin hingga Sabtu. Hanya saja alat yang sifatnya portabel yang bisa diangkut ke sana (Karang Delanggu) ya kami bawa. Seperti alat uji rem, alat memeriksa sorot lampu dan alur ban,” ujarnya.

Baca Juga :  Ini Istimewanya Kambing Kejobong

Meski pelayanan uji kir di subterminal Karang dilaksanakan dengan keterbatasan alat namun pemohon tetap membeludak. Saking banyaknya kendaraan yang hendak uji kir sampai-sampai areal sub terminal tidak mampu menampung seluruh kendaraan.

Apalagi keberadaan kendaraan yang hendak diuji menjadi satu dengan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang setiap hari parkir di komplek terminal.

Akibatnya tidak sedikit kendaraan mayoritas truk dan mobil pikap yang hendak diuji terpaksa parkir di luar terminal menunggu antrean. (sol)