All New Ertiga Usung Banyak Kelebihan untuk Menangi Pasar Low MPV

398
Acara peluncuran All New Ertiga di Hartono Mall Jogja berlangsung meriah. (Surya Mega/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID—Di saat pesaing masih mempertahankan model lama, Ertiga Low MPV dari Suzuki, mencuri start dengan melakukan perombakan model secara keseluruhan baik eksterior maupun interior dan dapur pacu.

Performa mesin All New Ertiga disempurnakan dengan mesin baru berkode K15B, 1500 CC DOHC yang memberikan lebih banyak tenaga. Sehingga performa mobil lebih responsif saat berjalan di berbagai medan & irit BBM.

Dari segi emisi, All New Ertiga memiliki Multi Point Injection yang sudah memenuhi standarisasi EURO 4, menghasilkan tenaga 104 horse power dan sangat hemat bahan bakar. Hasil test bahan bakar BT2MP-BPPT April 2018 (1 liter= 18,09 km) merupakan Premium MPV terhemat bahan bakar di Indonesia.

Dimensi bodi 7 penumpang dengan ukuran lebih panjang, lebih lebar, lebih tinggi. Panjang: 4.395 mm (lebih panjang 130 mm dari Ertiga), Lebar : 1.735 mm (lebih lebar 40 mm dari Ertiga), Tinggi: 1.690 mm (lebih tinggi 5 mm dari Ertiga).

Untuk teknologi keselamatan, produk ini memiliki Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Dual SRS Airbag, Chassis menggunakan teknologi Heartect yang dikenal lebih ringan, namun lebih kuat dan lebih meredam getaran, Side Impact Beam di semua pintu, Keyless Entry (tanpa menggunakan kunci), Immobilizer (anti pencurian), alarm system.

Untuk urusan kenyamanan, All New Ertiga mengadopsi Start Stop Button (menghidupkan mesin dengan menekan tombol), New leather steering wheel with wooden ornament, Audio touch screen 6.8 inch with bluetooth connection, USB connection, Steering Audio Control, One touch Configuration Seat (satu sentuhan kursi baris ke-2), bagasi lebih luas, serta Parking Sensor dengan 2 titik.

Dari sisi eksterior mobil ini memiliki desain terbaru sporty & elegant yang dilengkapi new projector & multi reflextor headlamp, new LED rear combination lamps, LED high mount stop lamp.

Presdir Sumber Baru Motor Hendra Kurniawan disela-sela launching All New Ertiga di Jogja, Jumat (18/05/2018) petang mengatakan, selaku main dealer di DIY, Kedu dan Jakarta, pihaknya optimistis produk terbaru ini akan mampu mengerek performa di pasar low MPV.

“Target kami mampu merangsek market share hingga 25 persen. Dari posisi sebelumnya di 12 hingga 13 persen saja,” kata Hendra.

Pengunjung pameran berebut merasakan kabin All New Ertiga. (Surya Mega/koranbernas.id)

Diakui, kompetisi di pasar low MPV selama ini paling ketat dan sengit di dunia otomotif roda empat. Hampir semua merek, ikut menggarap pasar ini.

“Tapi sekarang kami memiliki kelebihan. Di saat pesaing masih jualan model lama, produk kami samasekali baru. Mereka mungkin baru akan mengeluarkan produk baru akhir tahun ini atau bahkan tahun depan,” kata Hendra.

Shinichiro Sugiyama selaku Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales yang ikut hadir dalam acara ini mengatakan, All New Ertiga, sejak grand launching di IIMS Jakarta hingga sekarang sudah di-indent oleh lebih dari 3.000 konsumen.

Dalam ajang IIMS, produk ini merebut penghargaan sebagai The Best MPV di Indonesia.

GM Sumber Baru Mobil, Rizky Indriananta menambahkan, untuk harga OTR All New Ertiga Jogja, Kedu dan Banyumas, All New Ertiga akan dipasarkan di harga Rp 203 Juta-an.

“Selama pameran hingga Minggu 20 Mei 2018, kami memberikan penawaran yang sangat menarik dan juga ada test drive berhadiah,” katanya. (SM)