Alumni APMD “STPMD” Sesalkan Ceramah Hari Tanoe

648

KORANBERNAS.ID — Pengurus Keluarga Alumni Pembangunan Masyarakat Desa (Kapemada) STPMD “APMD” menyesalkan dan tidak menyetujui adanya kegiatan kuliah umum yang menghadirkan narasumber Hari Tanoe Soedibyo pada Rabu (15/11/2017). Pernyataan tidak setuju tersebut disampaikan pengurus Kapemada kepada koranbernas.id di kantor sekretariat Kapemada di kampus STPMD “APMD”.

Martadani Noor, pengurus Kapemada STPMD “APMD mengemukakan kehadiran CEO MNC grup itu tidaklah relevan dengan kegiatan perkuliahan di kampus walaupun tema yang diangkat adalah “Desa Membangun Indonesia”.

“Kuliah umum adalah forum akademik yang diantaranya mensyaratkan disampaikan oleh seseorang yang memiliki kapasitas keahlian bidang akademik tertentu dan kapabilitas jabatan akademik tertentu. Syarat tersebut yang membedakan ceramah atau sarasehan dgn tanpa terikat norma akademik. Marwah kuliah umum berbeda signifikan dgn ceramah umum,” paparnya.

Para alumni menyesalkan pemberian kuliah umum di STPMD APMD tersebut. Sebab Hari Tanoe bukan oleh seseorang yang memiliki kapasitas dan kompetensi di bidang pedesaan.

STPMD “APMD” hendaknya memiliki sensitivitas politik dan tidak mendegradasi marwah dan norma forum akademik. Untuk itu setiap narasumber forum akademik seperti kuliah umum, seminar dan sejenisnya seharusnya tidak terjebak pragmatis politik.

“STPMD APMD hendaknya tetap optimis dgn strategis untuk kemajuannya bersama-sama stakeholder, termasuk beragam potensi alumni tanpa terseret politik praktis, baik secara simbolis apalagi menegasikan kepentingan yang kontra produktif terhadap pembelaan serta pembaharuan berdesa,” tandasnya.

Kapemada, lanjutnya akan tetap menjadi mitra STPMD APMD dgn segenap potensi alumni yang berpegang pada koridor membangun sinergisitas, saling memberi manfaat dan membanggakan.

Sampai berita ini di tulis pihak kampus belum bisa dihubungi untuk meminta tanggapan terhadap sikap Kapemada tersebut. Kegiatan kuliah umum tersebut di hadiri oleh tidak kurang 100 an mahasiswa.(yve)