Anak-anak Ikut Festival Sambil Digendong

358
Suasana Festival Rumah Citta, Sabtu (26/08/2017), di Lapangan Minggiran. (solahudin alwi/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – “Ayo, anak-anak. Acara dimulai. Ada banyak permainan di sini,” ujar pembawa acara itu mengajak peserta berkumpul di bawah tenda. Dengan wajah di-make-up serupa badut, sesekali dia berkelakar menghibur para peserta.

Namun begitu, meski anak-anak itu sudah berada di lokasi acara, sebagian di bawah tenda di antara beragam mainan, rupanya masih ada satu dua anak yang memilih tetap berada di gendongan. Maklum saja, namanya juga anak-anak.

Riuh rendah suara bocah berpadu lagu anak-anak ini memeriahkan gelaran Festival Rumah Citta, Sabtu (26/08/2017), di Lapangan Minggiran Suryodiningratan Mantrijeron Kota Yogyakarta. Festival kali ini sekaligus untuk menandai rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 ECCD-RC (Early Childhood Care and Development Resource Center), HUT ke-14 Labschool Rumah Citta serta dalam rangka Hari Anak Nasional  (HAN) yang secara regular diperingati setiap tanggal 23 Juli.

F Ana Rukma Dewi selaku Koordinator Publikasi acara itu kepada wartawan di sela-sela acara menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya ECCD-RC untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik, yang mengutamakan kepentingan anak. Selain itu, juga sebagai media penyebaran nilai-nilai sayang teman, ramah lingkungan, adil jender, menghargai kearifan lokal, keragaman ekonomi-sosial, suku-budaya.

“Kami ingin mengenalkan kepada masyarakat tentang pentingnya kita sebagai bagian dari warga negara untuk terus berkomitmen memperjuangkan hak-hak anak,” ujarnya.

Koordinator Kegiatan, Alin Surtikanti, menambahkan, Festival Rumah Citta diisi berbagai agenda, antara lain,  Festival Dolanan Anak, Konsultasi Tumbuh Kembang Anak, Pemeriksaan Kesehatan, Workshop membuat wayang dari sedotan (Straw Puppet), Sangkar Baca Perpustakaan ECCD RC, Stan Makanan & Minuman Sehat SerBu (Serba Seribu), Senam Zumba dan Donor Darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI). “Semua kegiatan dapat diakses oleh masyarakat dengan gratis,” ungkapnya.

Sebagai bagian dari agenda ulang tahunnya, ECCD-RC juga menyelenggarakan kegiatan Parenting untuk orang tua dan Roadshow Bengkel APE (Alat Permainan Edukatif) Limbah untuk pendidik di 15 titik kecamatan di DIY selama bulan Agustus hingga Desember 2017.

ECCD-RC yang berkantor di Jalan DI Panjaitan 70 Kota Yogyakarta merupakan lembaga swadaya masyarakat yang fokus pada pelayanan anak usia dini. Lembaga ini memiliki komitmen mengutamakan kepentingan terbaik anak. Salah satu layanannya adalah Labschool Rumah Citta untuk anak usia 2-7 tahun. (sol)