Anak Muda Lebih Cintai Gadget

60
Malam Rintisan Desa Budaya yang digelar Jumat dan Sabtu (28-29/09/2018)  di halaman Balai Desa Tlogoadi. (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Wakil Bupati (Wabub) Sleman Dra Hj Sri Muslimatun MKes merasa prihatin terhadap kondisi generasi muda saat ini yang sangat gandrung dan lebih mencintai gadget daripada seni dan budaya.

Keprihatinan itu dia sampaikan tatkala menghadiri pergelaran malam Rintisan Desa Budaya, Jumat dan Sabtu (28-29/09/2018),  di halaman Balai Desa Tlogoadi.

Karena itu, dia menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Desa Tlogoadi maupun Dinas Kebudayaan Sleman, dengan digelarnya kegiatan rintisan desa budaya di wilayah Desa Tlogoadi.

“Kami berharap kegiatan seperti ini merata di semua desa dan dusun di wilayah Sleman, sejalan dengan program pemerintah membendung efek negatif kemajuan teknologi,” ungkapnya.

Menurut dia, kegiatan seni dan budaya ini merupakan upaya  untuk melestarikan seni dan budaya peniggalan nenek moyang yang di dalamnya terdapat nilai-nilai luhur dan pitutur yang menuntun ke jalan yang benar.

Baca Juga :  ASN Harus Jaga Jarak dengan Parpol

Saat ini, hampir setiap dusun di wilayah Desa Tlogoadi memiliki potensi kesenian peninggalan nenek moyang yang adiluhung. Warga di bawah koordinasi Kepala Desa, Sutarjo, terus berusaha mengembangkannya.

Pada hari pertama tampil macapatan dan wayang orang Krido Bekso Sembodo dan hari kedua orkes Opo Anane, Sendratari Bokari dari Cebongan serta Dadung Awuk Ngudi Laras dari Sanggrahan Tlogoadi.

Pembukaan malam rintisan desa budaya dilakukan oleh Wakil Bupati Sleman dan dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan Sleman, Camat Mlati, Muspika Mlati,  kepala desa serta perangkat desa maupun lembaga desa se-Wilayah Kecamatan Mlati.

Acara itu memperoleh apresiasi dari masyarakat. Apalagi di dalam arena halaman balai desa digelar bazar potensi industri kerajinan, makanan dan minuman dari desa itu.

Baca Juga :  Ingin Wakaf, Kini Bisa Gunakan Asuransi

Menurut Sutarjo kegiatan ini sekaligus mengawali rangkaian kegiatan hari jadi ke-72 Desa Tlogoadi sampai dengan November nanti.

Ada kegiatan seni dan budaya, pekan olahraga desa, doa bersama, lomba kebersihan lingkungan, kirab budaya dan pagelaran ketoprak.

Kades Sutarjo menambahkan kegiatan ini untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat, toleransi kegotong royongan dan kebersamaan serta sebagai bentuk kegiatan pembinaan potensi seni dan budaya. (sol)