Anak Muda, Paling Banyak Manfaatkan Aplikasi Pajak

162
Suasana acara SPECTAXCULAR2018 di Jalan Jenderal Sudirman, Jogja, Minggu (18/03/2018). (Surya Mega)

KORANBERNAS.ID—Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil Ditjen Pajak) DIY, terus mendorong masyarakat memanfaatkan layanan online pajak melalui aplikasi. Pemanfaatkan layanan online, akan lebih memudahkan masyarakat wajib pajak.

Disela-sela acara SPECTAXCULAR 2018, di Jalan Jenderal Sudirman Yogyakarta, Minggu (1803/2018) siang, Kepala Kanwil Dionysius Lucas Hendrawan mengatakan, layanan online pajak saat ini sudah semakin dikenal masyarakat.

Penggunaan aplikasi terus tumbuh, baik di tingkat wilayah maupu nasional.

“Terutama dari kalangan anak-anak muda. Mereka tidak mau repot harus ke Kantor  Pajak. Semua urusan cukup melalui online. Kami ingin masyarakat wajib pajak yang lain juga mengikuti dengan lebih memanfaatkan layanan online agar lebih mudah, praktis dan efisien,” kata Lucas, kepada koranbernas.id.

Dikatakan, saat ini pengguna layanan online Pajak mencapai 6 jutaan wajib pajak pertahun. Jumlah ini, jauh meningkat dibandingkan tahun lalu yang baru 1 jutaan pengguna.

Untuk DIY, pemanfaatkan layanan online kata Lucas sudah jauh berkembang. Hal ini berdampak positif, karea layanan di Kantor Pajak menjadi lebih longgar dan tidak terjadi antrean yang super padat.

“Jadi kegiatan ini merupakan sarana penyebaran informasi dan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran tentang pelaporan SPT melalui e-filing/e-form dan pembayaran melalui e-billing. Semua sudah bisa lewat online koq. Ngapain repor-repot ke kantor. Apalagi kebiasaan masyarakat kita kan baru mengurus saat last minute, ini menjadikan antrean yang sangat panjang di kantor,” tandas Lucas.

Dalam event ini, seluruh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di lingkungan Kanwil Ditjen Pajak D.I. Yogyakarta (5 KPP) ikut ambil bagian. Selain DIY, kegiatan yang sama digelar serentak di seluruh Indonesia.

Melalui kegiatan ini, Kanwil Pajak, ingin mengkampanyekan penyampaian SPT Tahunan 2018 melalui e-filing dan e-form dan pembayaran melalui e-billing, sekaligus mengingatkan batas waktu penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi Tahun Pajak 2017 paling lambat 31 Maret 2018 dan SPT Tahunan Badan Tahun Pajak 2017 paling lambat 30 April 2018.

“Kami juga membuka pelayanan Pojok Pajak selama acara berlangsung,” imbuhnya.

SPECTAXCULER 2018 diisi dengan kegiatan jalan santai, bersepeda dengan komunitas sepeda onthel, line dance, sosialisasi pajak, talkshow radio dan hiburan.

Untuk memeriahkan acara diadakan juga lomba fotografi dan selfie dengan hadiah jutaan rupiah serta doorprize yang menarik. (SM)