Anak Yatim Piatu Terima Santunan Rp 300 Ribu

35
Sri Purnomo menyerahkan santunan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk 196 anak yatim piatu, Senin (24/09/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID–Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sleman memberikan santunan kepada 196 anak yatim piatu di Masjid Agung Sleman, Senin (24/09/2018).

Secara simbolis, santunan diberikan kepada 196 anak yatim piatu oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo kepada 10 perwakilan anak yatim piatu. Setiap anak menerima santunan masing-masing sebesar Rp 300.000 beserta alat sekolah dan kaos.

Kepala Baznas Kabupaten Sleman, Kriswanto  menjelaskan bahwa pemberian santunan ini merupakan salah satu program Baznas yaitu Program Sleman Peduli.

“Kami ingin anak-anak yatim piatu juga bahagia. Seluruh anak yatim piatu yang diberikan santunan terdiri dari yayasan maupun non yayasan,” Jelas Kriswanto.

Menurut Kriswanto, santunan bersumber dari dana yang dihimpun Baznas serta bersumber dari donatur.

Baca Juga :  Margaria Renovasi Rumah Korban Badai Cempaka

Sri Purnomo menyampaikan bahwa memperhatikan atau menyantuni anak yatim piatu merupakan tugas bersama. Hal tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Dia mencontohkan ASN yang sebagian penghasilannya diberikan kepada Baznas Sleman yang kemudian dihimpun dan dimanfaatkan untuk menyantuni anak yatim piatu.

“Kami sangat memperhatikan hal itu. Selain itu  Pemkab Sleman terus mendorong kepada wali setiap anak untuk memperhatikan pendidikan anak,” ujar Sri Purnomo.

Menurut Sri Purnomo selain santunan, pendidikan bagi anak yaitm piatu ataupun anak dari keluarga tidak mampu sangatlah penting bagi masa depan. Untuk itu, dia mengimbau agar setiap orangtua terus mendorong anaknya untuk tetap bisa sekolah.

“Orangtua yang merasa tidak mampu, jangan kemudian membatasi kemauan anak untuk  melanjutkan sekolah. Dorong untuk terus sekolah, nanti pemerintah yang akan membantu,” katanya.

Baca Juga :  Kebumen Bersiap Raih Adipura

Sri Purnomo mengharapkan dengan adanya santunan dan bantuan pendidikan bagi anak-anak di wilayah Kabupaten Sleman dapat memberikan kesempatan bagi setiap anak untuk fokus dalam menimba ilmu serta diharap mampu menjadikan anak-anak yang berprestasi dan mandiri di hari kemudian. (SM)