Anggota Pramuka Diingatkan Ancaman Disintegrasi

495
Sri Sultan HB X menjadi Irup dalam puncak Hari Pramuka ke-53 di Stadion Sultan Agung, Selasa (14/08/2018). Juga GKR Mangkubumi mengunjungi lokasi Expo Pemuda Bantul 201 di lokasi. (Sari Wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Lebih dari 10.000 anggota Praja Muda Karana (Pramuka) membanjiri Stadion Sultan Agung (SSA)  Bantul saat puncak Hari Jadi Pramuka ke-53, Selasa (14/08/2018). Upacara dihadiri oleh Ketua Kwarda DIY, GKR Mangkubumi, Bupati Bantul H Suharsono, jajaran OPD, Forkominda Bantul serta Muspika se Kabupaten Bantul.

Puncak Hari Jadi pramuka ini telah didahului dengan kegiatan Expo Pemuda Bantul 2018 sejak Minggu (12/08/2018), dengan menggelar beragam acara termasuk bazar 100 UMKM Bantul di kompleks SSA. Juga kemah bhakti pramuka, ulang janji dan ziarah.

“Saya berharap pramuka mampu menjadi perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sehingga pramuka harus mampu menjadi jembatan generasi milenia yang kuat dan cerdas,”kata Sultan dalam sambutannya.

Artinya kuat dalam membela ideologi Pancasila dan berjiwa Undang  Undang Dasar (UUD) 1945 serta membela keutuhan NKRI dengan menjaga semangat Bhineka Tunggal Ika.

“Pramuka itu harus  cerdas dalam mengaktualisasi dirinya sebagai gerakan kemasyarakatan yang berakar pada kebudayaan sesungguhnya dan berbasis pada kepemudaan. Faktanya, anggota Pramuka terdiri dari berbagai keragaman etnis, ras, golongan, budaya dan tradisi. Oleh karena itu harus disatukan dalam motto bersama yang diikat dengan dasar Dharma Pramuka,”sambung Sultan.

Selain itu Pramuka harus menjadi garda terdepan dalam menjaga dan merawat serta mewujudkan empat pilar kebangsaan karena ancaman

disintegrasi yang nyata ada di depan mata.

Sementara itu Ketua Panitia Expo Pemuda Bantul 2018, Dedy Romero mengatakan banyak kegiatan yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Pramuka tersebut. Selain bazar 100 UMKM binaan Disdikora, juga digelar konser musik amal, seminar kewirausahaan, parade band, lomba mewarnai, parade fashion show dan beauty class serta jathilan.

Semua mendapat sambutan antusias dari seluruh lapisan masyarakat. (SM)