Angin Kencang Terjang Playen, Puluhan Bangunan Rusak

142
Pohon tumbang dan melintang jalan Paliyan - Playen, karena disapu angin kencang, Senin (2/4/2018) sore.(st aryono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Hujan lebat disertai angin kencang menerjang wilayah Kecamatan Playen. Akibatnya puluhan bangunan rusak akibat tertimpa pohon yang ambruk.

Meski dalam bencana yang terjadi Senin (2/4/2018) sore ini tidak ada korban jiwa, namun jumlah kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. Angin kencang paling tidak menyebabkan 13 rumah warga dan 1 Balai Padukuhan Wiyoko, Desa Plembutan, rusak akibat tertimpa pohon tumbang karena disapu angin kencang.

Diantara rumah yang rusak milik Harto Ngatijah (80), Swardoyo (65), Maryanto (50), Partoyo (75), Paimin (60), Tugiyem (70), Sayem (65), Panud (60), Warsidi (44), Riyatno (44), Rusadi (50), dan sebuah Balai Padukuhan Wiyoko. Selain itu, rumah milik Martijan (65) dan Sugito (48) warga Grogol Paliyan juga mengalami kerusakan.

“Ada 14 titik yang diterjang angin kencang disertai hujan lebat,” kata Parjiyanto selaku petugas Pusdalops BPBD Gunungkidul.

Menurut dia, selain rumah warga yang rusak akibat tertimpa pohon, juga menyebabkan pohon Munggur dan Jati tumbang di tengah jalan dan menutup akses jalan Playen – Paliyan.

“Pohon tumbang juga terjadi di Jalan Paliyan – Playen dan menimpa jaringan listrik milik PLN,” tambah Parjiyanto. Dengan kejadian ini pihaknya menghimbau kepada warga untuk selalu waspada melihat kondisi cuaca masih belum stabil. (yve)