Anjing Liar Berkeliaran Memangsa Puluhan Kambing

Seekor kambing korban anjing liar yang berhasil selamat. Telinganya terluka bekas gigitan.(istimewa)

324

KORANBERNAS.ID–Masyarakat Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul resah. Hal ini terjadi karena puluhan kambing milik warga mati akibat diimangsa anjing liar.

Kepala Desa Purwodadi, Sucipto, mengatakan sejumlah ternak milik warga desa seperti di Dusun Sureng sekitar Pantai Siung dan Pantai Ngondo, total sudah ada 10 kambing yang mati. “Tidak dimakan sampai habis, hanya sebagian tubuh ternak,” katanya, Rabu (09/08/2017).

Dia menduga kawanan anjing liar yang selama ini mendiami sejumlah goa di perbukitan itulah yang menjadi hewan predator sehingga banyak kambing mati. Serangan seperti ini biasa terjadi saat di kawasan perbukitan sudah tak ada lagi hewan yang jadi mangsa.

Apalagi, kandang ternak warga berada jauh dari permukiman. Warga biasanya membangun kandang yang dekat dengan sumber pakan di ladang.

Untuk mengantisipasi serangan susulan, masyarakat melakukan ronda malam. Warga membuat  suara gaduh guna mencegah serangan hewan liar tersebut. Namun demikian, sampai saat ini belum ada satu pun hewan liar tertangkap.

“Jika ada anjing liar yang tertangkap langsung dibunuh, karena meresahkan warga,” ucapnya.

Serangan hewan liar ini tak hanya sekali ini, namun juga beberapa tahun terakhir. Tahun lalu di Dusun Pulegundes I dan II Puleireng serta Dusun Bengle II. “Tahun lalu ada belasan kambing yang mati,” ucapnya. (sol)