“Apa Artinya Uang Kalau Tidak Sehat…”

70
Masyarakat Selopampang berantusias mengikuti lomba yel-yel Germas di Kantor Kecamatan setempat. (endri yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Puskesmas Selopampang melaksanakan kegiatan pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Senin (20/08/2018).

Acara yang berlangsung di kantor kecamatan setempat itu diikuti seluruh kader kesehatan, kepala desa dan masyarakat se-Kecamatan Selopampang.

Hadir pula Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Temanggung, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Temanggung, anggota DPD RI Jawa Tengah dan Camat Selopampang.

Kepala Puskesmas Selopampang, Puji Lestari, mengatakan acara dimulai dengan senam bersama kemudian dilanjutkan lomba yel-yel Germas. Ini merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia.

“Ini adalah kegiatan ke-17 yang sudah dilaksanakan mulai awal tahun 2018 dan dilaksanakan di seluruh Puskesmas di kecamatan se-Kabupaten Temanggung,” ujarnya.

Baca Juga :  Hidup Sebatang Kara, Seorang Nenek Ditemukan Tak Bernyawa

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Temanggung Supardjo, menyatakan Germas dimaksudkan untuk membangun komitmen bersama agar tercipta kerja sama.

Kemudian bersinergi mendorong dan mengajak masyarakat agar melaksanakan hidup sehat, seperti makan buah dan sayur, olahraga yang cukup, hindari obat-obatan terlarang dan tidak merokok.

“Dari 12 desa di Kecamatan Selopampang belum ada desa yang tercatat sebagai desa yang sehat. Bahkan di tingkat RW pun belum ada. Oleh karena itu, kita di sini bersama-sama membangun komitmen untuk bekerja sama menggerakkan masyarakat agar melaksanakan Gerakan Hidup Sehat,” tegasnya.

Anggota DPD RI asal Provinsi Jawa Tengah, Denty Eka Widi Pratiwi, yang hadir dalam kesempatan itu menyatakan kesehatan adalah sesuatu yang sangat dicari dan sangat penting bahkan modal paling potensial dalam kehidupan.

Baca Juga :  Yassir Malik Kembali ke Jagad Seni Rupa

“Yang namanya sehat itu sangat-sangat dicari, bagi kita merupakan modal yang paling berpotensi. Apa artinya uang, apa artinya harta kalau kita tidak sehat,” jelas Denty.

Camat Selopampang Djoko Prasetija menjelaskan, melalui kegiatan ini pihaknya ingin mengajak masyarakat menghidupkan kembali rasa nasionalisme yang sudah mulai luntur.

“Kunci Indonesia merdeka itu karena rasa nasionalisme yang tinggi, ketika rasa nasionalisme itu luntur maka kita semua yang harus peduli,” ungkapnya. (sol)